Cara Merawat Wajah Berjerawat Secara Alami

Cara Merawat Wajah Berjerawat secara alami. Perawatan wajah perlu dilakukan dengan baik dan penuh kesabaran. Pada remaja yang sedang mengalami masa pertumbuhan, hormon di dalam tubuh akan mulai tumbuh dan berkembang. Hormon yang diproduksi oleh tubuh secara berlebihan ini akan menimbulkan masalah pada kulit. Sebenarnya masalah kulit tidak hanya terjadi pada remaja, tetapi orang dewasa pun masih bisa mengalami hal ini. Permasalahan kulit dapat disebabkan oleh beberapa faktor yakni genetik keturunan, gizi, dan pola hidup yang tidak sehat.

Cara merawat wajah berjerawat secara alami bagi remaja sangat penting, sebab remaja seringkali mengalami permasalahan wajah seperti kulit kering, berjerawat, wajah berminyak dan kusam yang dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Biasanya jerawat muncul pada wajah karena kulit wajah berminyak dan tidak bersih mencuci wajah. Kulit wajah yang berminyak akan membuat penampilan terlihat kusam dan tidak fresh. Masalah ini sangat merepotkan apalagi jika anda sering berias, karena akan mudah luntur.

wajah-jerawat

Wajah Jerawat (© Shutterstock )

Lalu bagaimana tips merawat wajah berjerawat agar tidak menimbulkan bekas jerawat atau bopeng? Berikut ini diantaranya :

Cara Merawat Wajah Jerawat

1. Bersihkan wajah secara rutin

Cara untuk mengatasi masalah jerawat yang paling tepat adalah dengan membersihkan wajah secara rutin menggunakan toner khusus untuk wajah berminyak. Jangan sampai salah memilih toner karena akan memperparah masalah pada wajah. Selain itu jangan memakai pembersih dan toner setiap hari.

2. Gunakan daun seledri

Cara alami merawat wajah agar tidak berjerawat bisa dilakukan dengan menggunakan daun seledri. Seledri mengandung L-trytophan yaitu sebagai anti oksidan alami dan mengandung vitamin A, B1 dan C yang bisa mengurangi kandungan minyak pada wajah. Selain beberapa kandungan itu, ada juga butilphalida yang berguna mencegah peradangan pada kulit yang berminyak.

Cara menggunakan seledri sangat mudah, bersihkan seledri dan potong menjadi potongan yang kecil-kecil juga halus, kemudian rebus seledri pada air mendidih selama 15 menit, setelah itu dinginkan dan basuh pada wajah anda. Diamkan selam kurang lebih 15 menit dan bilas. Lakukan secara rutin dan bandingan dengan sebelum menggunakan seledri.

3. Jangan menggunakan make up terlalu lama

Tips merawat wajah berjerawat selain dengan rajin membersihkan wajah yang kotor dari debu, juga jangan menggunakan make up terlalu lama dan bersihkan wajah sebelum tidur. Saat wajah sudah bersih kembali pakailah produk yang berguna untuk mengecilkan jerawat, pilih yang mengandung belerang alami atau sulfur karena itu berguna untuk mencegah peradangan dan membuat jerawat menjadi kering. Kemudian untuk menghapus noda bekas jerawat, anda dapat menggunakan jeruk nipis setelah wajah sudah dibersihkan dulu. Tidak hanya menggunakan produk wajah, anda juga harus menjaga pola makan dan perbanyak minum air putih.

4. Jangan menggunakan kosmetik berbahan kimia

Setelah masalah wajah berjerawat selesai, perhatikan juga kondisi wajah anda selanjutnya. Wajah yang sehat akan tampak lebih segar, wajah yang segar dan putih bersih cukup untuk menambah kepercayaan diri anda.

Jangan gunakan produk pemutih wajah instan terutama yang memiliki kandungan yang berbahaya. Sebaiknya gunakan bahan yang alami saja karena lebih aman, seperti susu kambing atau sapi segar. Pakailah susu tersebut dengan membasuh pada wajah, diamkan lalu bilas pakai air hangat. Selain susu, anda juga dapat menggunakan madu alami untuk dijadikan masker wajah, setelah pemakaian bersihkan dengan air hangat. Selain susu dan madu, anda juga bisa menggunakan kuning telur untuk masker. Caranya pakai untuk masker, diamkan kurang lebih 30 menit, bilas dengan air hangat. Pemakaian air hangat memiliki manfaat sendiri yaitu dapat membersihkan sisa masker agar tidak menimbulkan jerawat.

Demikian artikel cara merawat wajah berjerawat secara alami. Semoga bermanfaat bagi anda.




Artikel ini memuat topik:
cara membuat toner dari seledri ;