Cara Menjaga Kehamilan Trimester Ketiga

Cara menjaga kehamilan trimester ketiga demi kelancaran persalinan sangat dibutuhkan untuk melancarkan proses persalinan anda kelak. Seperti yang kita ketahui bahwa kehamilan dibagi menjadi tiga periode yang sering dikenal juga dengan istilah trimester. Minggu pertama kehamilan hingga minggu ke 12 disebut sebagai trimester pertama kehamilan dimana janin baru mulai terbentuk dan tubuh ibu baru mulai mengalami adaptasi dari dari janin. Trimester ke dua yaitu saat usia kehamilan mulai menginjak umur 13 minggu hingga minggu ke 28 pada masa ini, tubuh ibu sudah mulai dapat beradaptasi dengan janin yang berada di dalam rahim, pada trimester ini ibu juga sudah mulai dapat merasakan gerakan-gerakan dari bayi yang ada di dalam kandungan. Dan trimester ketiga adalah saat kehamilan berumur 29 minggu hingga 40 minggu atau saat akan melahirkan, nah pada fase kehamilan ini adalah masa paling mendebarkan dan membahagiakan terutama bagi ibu hamil, karena sebentar lagi akan mendekati proses persalinan yang berarti bahwa buah hati yang selama ini dinanti nantikan akan hadir kedunia.

Cara menjaga kehamilan trimester ketiga ini sangat penting dilakukan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, seperti terjadinya kelahiran prematur atau bayi meninggal di dalam perut karena kurangnya perhatian ibu pada seputar kehamilan trimester ketiga ini. Selain itu, pada periode trimester tiga kehamilan ini pertumbuhan bayi yang sudah mulai membesar menyebabkan keluhan pada ibu menjadi semakin sering seperti sakit punggung, sesak nafas, frekuensi buang air kecil yang lebih sering dari pada periode sebelumnya dan kesulitan bergerakn maupun tidur.

kehamilan-trimester-ketiga

Kehamilan Trimester Ketiga

Baca juga :
Cara mengatasi rasa mual saat hamil
Keluhan-keluhan ibu hamil yang perlu diperhatikan oleh Anda dan suami
Apa itu baby blues syndrome dan bagaimana mengatasinya?

Nah bagi ibu hamil yang sedang menjalani fase periode kehamilan trimester 3 ada beberapa kiat-kiat khusus merawat trimester ketiga kehamilan untuk menjaga kesehatan kandungan hingga proses persalinan.

Tips Kehamilan Trimester Ketiga

1. Saat usia kehamilan memasuki trimester ketiga, itu berarti akan semakin dekat dengan proses persalinan, maka dari itu sebagai bentuk perawatan kehamilan trimester ketiga ini nutrisi ibu hamil perlu lebih diperhatikan dari segi asupan gizinya.

Baca juga :
Makanan sehat dan bergizi untuk ibu hamil
cara menjaga berat badan saat hamil

Seperti yang telah diketahui bahwa proses persalinan membutuhkan banyak sekali tenaga yang harus dikeluarkan jadi makanan dapat membantu menjaga kondisi fisik anda agar senantiasa kuat. Meskipun begitu bukan berarti harus makan dengan porsi yang banyak tetapi yang dimaksud mengkonsumsi banyak makanan adalah dilihat dari sisi kualitasnya yaitu seberapa bagus dan bermanfaatnya makanan bagi kesehatan ibu dan janinnya.

Contoh makanan yang baik dikonsumsi untuk merawat kehamilan trimester ketiga ini adalah makanan yang banyak mengandung omega-3 karena bermanfaat untuk perkembangan janin dan membantu menyempurnakan bayi dalam kandungan, dan juga makanan berprotein tinggi karena protein seperti susu yang dapat membentuk darah, cairan ketuban dan plasenta selain itu, rutin mengkonsumsi susu juga dapat membantu anda membentuk antibodi.

2. Saat kehamilan trimester ketiga keluhan kehamilan akan lebih banyak muncul dibandingkan dengan periode sebelumnya, selain itu ibu hamil juga akan menjadi lebih rentan terhadap stress dan rasa panik karena semakin mendekati proses persalinan. Nah untuk mengurangi beban anda, maka penting untuk membuat tubuh anda menjadi lebih tenang dan rileks.

Jika anda mengalami sakit punggung maka cobalah meminta suami tercinta untuk memijat punggung Anda secara pelan-pelan, selain itu tegakkan punggung baik setelah duduk atau berajalan. Janin yang membesar akan membuat anda sulit untuk tidur.

Gangguan tidur yang anda alami pada trimester ketiga kehamilan juga lebih sering dialami, oleh karena itu untuk mengoptimalkan waktu istirahat maka cari cara agar anda merasa nyaman dengan posisi tidur anda. Anda bisa mencoba posisi tidur menyamping ke sebelah kanan dan kaki diganjal dengan bantal. Selain dapat membuat lebih rileks, posisi tidur seperti ini adalah posisi tidur yang baik untuk masa kehamilan.

3. Meskipun harus banyak beristirahat namun bukan berarti anda harus selalu berbaring di atas tempat tidur, aktivitas-aktivitas ringan juga sangat dibutuhkan untuk menjaga trimester ketiga kehamilan ini. Aktivitas ringan tentu saja sangat dibutuhkan ibu hamil untuk membantu melancarkan sirkulasi darah dan juga menambah kesegaran serta kebugaran tubuh.

Aktivitas ringan yang dapat anda lakukan selama kehamilan trimester ketiga ini adalah melakukan senam hamil dan juga jalan santai. Kegiatan senam hamil dan jalan santai ini sangat bermanfaat untuk memperlancar proses persalinan anda kelak.

4. Kiat merawat kehamilan trimester ketiga berikutnya adalah jangan terlalu panik terhadap segala sesuatu yang terjadi pada saat kehamilan trimester ketiga ini. Perkembangan dan pertumbuhan janin dalam kandungan yang membesar dan mendekati proses persalinan memang sering kali menyebabkan beberapa gejala seperti terjadinya kontraksi dini pada kehamilan. Kontraksi dini pada kehamilan itu merupakan hal wajar yang dialami oleh wanita hamil kebanyakan tetapi yang harus diingat adalah kontraksi tersebut tidak disertai dengan keluarnya darah dari vagina.

Demikianlah artikel Uraian Sehat mengenai tips cara menjaga kehamilan trimester tiga demi kelancaran persalinan.




Artikel ini memuat topik:
trimester 3 ; kehamilan trimester 3 ; hamil trimester 3 ; keluhan hamil 29 minggu ; kehamilan trimester ketiga ; hamil 29 minggu ; Trimester ketiga ; trimester 3 kehamilan ;