Cara Mengobati Sakit Punggung

Sakit punggung terjadi ketika penderita mengalami nyeri atau kekakuan pada tulang belakang. Rasa nyeri terasa mulai dari dasar leher sampai ke bawah tulang ekor. Pada umumnya nyeri punggung akan membaik setelah dirawat beberapa hari. Tetapi cara mengobati sakit punggung berbeda-beda untuk setiap orang, sebab tergantung seberapa parah levelnya, berapa lama terjadinya, dan seberapa besar kebutuhan setiap individu penderita.

Cara mengobati sakit punggung berdasarkan medis, psikologi, dan mengubah pola gaya hidup merupakan rekomendasi yang mungkin dapat disarankan oleh dokter untuk anda.

cara Mengobati Sakit Punggung

Ilustrasi penderita sakit punggung (credit to Shutterstock)

Cara Mengobati Sakit Punggung

Berdasarkan kondisi lamanya, cara mengobati nyeri punggung dibagi menjadi dua bagian, yaitu:

I. Pengobatan Nyeri Punggung Jangka Pendek (

Pada umumnya jika nyeri punggung hanya berlangsung sementara cukup dirawat di rumah dan minum obat pereda rasa sakit yang dijual di apotek.

a. Aktif Bergerak

Penderita nyeri punggung biasanya berpikir untuk beristirahat supaya nyerinya hilang. Tetapi kenyataannya adalah bahwa dengan tetap beraktivitas justru membut waktu recovery atau penyembuhan menjadi lebih cepat. Olah raga ringan yang direkomendasikan yaitu berjalan kaki, joging, renang, atau melakukan kegiatan sehari-hari.

Untuk sementara hindari aktivitas berat yang dapat menimbulkan nyeri atau bahkan cedera yang lebih parah.

b. Obat Nyeri Punggung

Berikut merupakan obat sakit punggung yang manjur:

  • Paracetamol.
  • Obat anti-inflamasi non-steroid: ibuprofen.
  • Kodein: obat ini bersifat lebih keras dan kadang diminum bersama dengan paracetamol.

Bagi anda yang memiliki gangguan fungsi ginjal sebaiknya menghindari konsumsi obat tersebut. Selain itu waspada juga terhadap efek samping yang dapat memicu alergi serta ketagihan.

c. Terapi Dingin dan Panas

Perubahan suhu dapat membantu mengurangi otot anda yang tegang serta meredakan nyeri. Posisikan benda dingin atau hangat pada lokasi punggung anda yang mengalami nyeri. Hindari meletakkan es langsung pada kulit punggung. Jika ingin mennggunakan es maka balut es dengan kain lalu letakkan pada area yang sakit. Bagi anda yang tidak suka dingin, bisa memanfaatkan air hangat. Caranya ambil handuk yang sudah dicelup di air hangat kemudian letakkan pada punggung anda yang nyeri. Selain itu anda juga bisa mandi uap atau air hangat serta menggunakan balsam/minyak kayu putih/koyo.

d. Mengubah Gaya Hidup

Penyebab sakit punggung biasanya terjadi karena kelebihan berat badan, stres, dan salah postur tubuh. Ubahlah pola hidup dengan rajin berolahraga agar sirkulasi darah menjadi lancar. Anda bisa menikmati aktivitas olah raga seperti jalan kaki, joing, berenang, ataupun senam/yoga.

e. Posisi Tidur

Untuk menghindari nyeri punggung saat bangun tidur, maka biasakan saat tidur dengan posisi berikut:

  • Tidur telentang: tempatkan bantal di bawah lutut.
  • Tidur menyamping: angkat sedikit kaki ke arah dada, lalu posisikan bantal diantara kedua kaki.

Posisi tersebut akan dapat membantu menjaga postur punggung bawah tetap pada posisi normal meskipun saat anda sedang tidur.

f. Relaksasi

Rasa khawatir cenderung membuat otot menjadi tegang. Beberapa penelitian membuktikan bahwa orang yang positif thinking dan optimis terhadap masa depan cenderung lebih cepat pulih dan terhindar dari nyeri punggung berkepanjangan.

II. Pengobatan Nyeri Punggung Jangka Panjang (>1.5 bulan)

Berikut merupakan jenis pengobatan yang biasanya dilakukan oleh penderita nyeri punggung kronis (> 1.5 bulan). Jenis perawatan ini cukup efektif untuk mengatasi nyeri punggung berkepanjangan.

a. Olahraga

Tujuan olahraga untuk penderita nyeri punggung yaitu memperbaiki postur sekaligus memperkuat otot tubuh. Target ini akan tercapai dengan peregangan dan aerobik.

b. Terapi Manual

Ahli fisioterapi atau chiropractic bisa membantu anda mengatasi nyeri dengan teknik pemijatan. Manfaat terapi manual yaitu:

  • Fisioterapi: terapi dengan tujuan untuk memperbaiki fungsi gerak motorik akibat cedera, cacat, atau penyakit.
  • Terapi chiropractic: metode ilmiah untuk diagnosis, mengatasi, dan mencegah gangguan pada sistem muskuloskeletal (otot dan kerangka tubuh).

Rangakaian metode terapi manual dapat dilakukan bersamaan untuk mengatasi nyeri punggung yang lebih dari 6 minggu atau level kronis.

c. Akupunktur

Pengobatan tradisional China terbukti diyakini mampu mengatasi nyeri punggung bawah. Perawatan akupunktur dilakukan dengan menancapkan jarum kecil ke area titik saraf tubuh tertentu.

d. Obat antidepresan

Obat antidepresan biasanya direkomendasikan oleh dokter jika obat pereda nyeri biasa tidak ampuh mengobati nyeri punggung. Obat untuk depresi juga efektif untuk menangani beberapa nyeri. Salah satu obat antidepresan yang mungkin menjadi resep dokter adalah tricyclic antidepressants (TCAs) seperti amitriptilin dalam dosis sedikit.

e. Konseling

Perasaan dan pikiran negatif saat nyeri punggung dapat memperburuk kondisi punggung anda. Pada saat inilah anda mungkin perlu ognitive behavioural therapy (CBT) atau terapi perilaku kognitif untuk mengubah persepsi terhadap nyeri. Diharapkan cara ini dapat bermanfaat untuk meredakan rasa nyeri yang diidap. Pasien yang mengikuti CBT terbukti dapat kembali aktif dan rasa sakit menjadi berkurang.

f. Klinik rasa sakit

Klinik spesialisasi ini membantu penderita sakit punggung untuk beraktivitas dan tidak hanya fokus pada kondisi nyerinya. Program yang ada di klinik ini merupakan campuran dari latihan fisik, relaksasi, terapi berkelompok, serta edukasi tentang psikologi dari rasa sakit.

Jika semua metode diatas tidak berhasil, maka ada kemungkinan dokter akan memberikan saran untuk melakukan pembedahan.

Penting! Baca juga:

Demikian cara mengobati sakit punggung. Semoga nyeri punggung anda lekas sembuh. Jika rasa nyeri semakin tak tertahankan dan berlangsung lama jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter.