Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Cara menghilangkan jerawat secara alami – Banyak masalah yang timbul akibat jerawat di wajah. Penyakit kulit ini membuat sebagian orang kehilangan kepercayaan diri ketika bergaul di lingkungan. Ada perasaan baginya untuk menutupi wajah kalau memang itu bisa dilakukan, hanya saja itu tidak mungkin bisa. Tidak itu saja, setelah beberapa waktu terlewati dan jerawat sembuh, kini ada noda yang membuat aura berkurang.

Sekarang sudah banyak produk-produk krim kecantikan yang beredar dipasaran untuk menghilangkan jerawat dengan harga jual yang bervariasi. Namun anda jangan hanya berpatokan pada harganya karena harga belum tentu sebanding dengan kualitas. Krim-krim wajah yang memakai bahan kimia tentu memiliki efek samping, kecuali sudah terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Berbeda halnya dengan bahan kimia, penggunaan bahan alami relatif tanpa masalah jika digunakan secara tepat. Berikut ini Uraian Sehat akan membagikan tips cara menghilangkan jerawat secara alami dengan cepat.

Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Terdapat beberapa tips menghilangkan jerawat secara alami dengan bahan-bahan tradisional antara lain sebagai berikut :

jerawat-dahi-ct

Jerawat Membandel di Dahi (©Shutterstock)

Metode 1 : Cara alami menghilangkan jerawat dengan lidah buaya

Siapa yang tidak kenal lidah buaya atau yang dikenal dengan nama Aloe Vera. Lidah Buaya adalah tumbuhan berkhasiat tinggi yang sudah dikenal ribuan tahun untuk menjadi obat alami untuk menyuburkan rambut, menyembuhkan luka, dan untuk merawat kulit. Berdasarkan hasil penelitian tanaman lidah buaya kaya akan kandungan zat-zat yang diperlukan oleh ilmu medis seperti enzim, vitamin, mineral, asam amino, polisakrida dan lainnya.
Lidah buaya juga bisa menghilangkan noda jerawat Anda, yaitu kupas lidah buaya lalu ambil gel nya untuk dijadikan sebagai masker wajah. Gunakan masker lidah buaya selama 10 s.d 15 menit lalu bilas dengan air hingga bersih.

Metode 2 : Cara alami menghilangkan jerawat dengan air perasan jeruk nipis

Selain bermanfaat untuk mengobati batuk, jeruk nipis ternyata juga bisa dimanfaatkan sebagai obat alami untuk menghilangkan jerawat. Caranya : potong beberapa buah jeruk nipis, peras air nya lalu oleskan air tersebut ke jerawat dan diamkan selama kurang lebih 15 menit lalu bilas dengan air bersih. Jangan kaget dengan sensasi sedikit rasa perih jika Anda baru pertama kali menggunakan metode jeruk nipis ini. Namun setelah rasa perih itu hilang maka rasa gatal akibat jerawat pun juga akan hilang.

Metode 3 : Cara alami menghilangkan jerawat dengan bawang merah atau bawang putih

Tidak banyak yang tahu manfaat bumbu dapur ini ternyata bisa menjadi obat alami menghilangkan jerawat pada wajah. Cara pemakaian : Iris beberapa siung bawang, kemudian oles pada wajah dan diamkan selama kurang lebih 10 s.d 15 menit kemudian bilas dengan air bersih. Kelemahan metode bawang putih adalah bau nya yang menyengat sangat menusuk hidung.

Metode 4 : Cara alami menghilangkan jerawat dengan putih telur

Putih telur selain bermanfaat untuk menambah energi juga bisa dijadikan masker untuk menghilangkan noda bekas jerawat. Caranya : Pecahkan telur lalu ambil putih telur nya saja. Putih telur tersebut Anda kocok-kocok sebentar dengan sendok. Hasil kocokan putih telur dijadikan masker dengan cara mengoleskan pada wajah Anda selama kurang lebih 10 s.d 15 menit. Bila setelah selesai segera bilas dengan air bersih.

Metode 5 : cara alami menghilangkan jerawat dengan mentimun

Mentimun merupakan sayuran yang banyak mengandung air sehingga cocok digunakan untuk mencegah dehidrasi. Mentimun juga mengandung vitamin dan sejumlah zat besi sehingga baik untuk kesehatan Anda. Cara menjadikan mentimun sebagai obat jerawat tergantung seberapa besar jerawat Anda. Jika jerawat masih sedikit, anda hanya perlu mengiris mentimun menjadi beberapa irisan tipis lalu tempelkan di bagian wajah yang terkena jerawa dan diamkan selama 10 s.d 15 menit lalu bilas dengan air bersih. Jika jerawatnya banyak, maka blender mentimun kemudian oleskan ke wajah anda sebagai masker dan diamkan selama 10 s.d 15 menit setelah itu bilas dengan air bersih.

Metode 6 : Cara alami menghilangkan jerawat dengan perbanyak minum air putih

Tahukah Anda kalau 70 persen dari tubuh manusia itu air? Oleh karena itu, banyak anjuran untuk mengkonsumsi air putih yang cukup. Dengan meminum air putih maka kulit wajah anda akan terasa lembab dan noda bekas jerawat perlahan akan memudar seiring dengan elastisitas kulit Anda yang baik.

Metode 7 : Cara alami menghilangkan jerawat dengan masker bengkuang

Bengkuang sering dijadikan sebagai bahan utama produk-produk kecantikan terutama pemutih kulit. Cara mengobati jerawat dengan masker bengkuang yaitu terlebih dahulu siapkan satu buah bengkuang, kupas kulitnya lalu blender. Oleskan dan tempel di wajah hasil blenderan bengkuang selama 10 s.d 15 menit, lalu bilas dengan air bersih.

Metode 8 : Cara alami menghilangkan jerawat dengan ampas teh

Ampas teh tidak jarang digunakan oleh orang tua zaman dahulu sebagai obat alami menghaluskan kulit wajah. Metode ini sangat mudah yaitu dengan menempelkan ampas teh pada kulit wajah yang ada noda bekas jerawatnya.

Metode 9 : Cara alami menghilangkan jerawat dengan pisang

Pisang adalah buah yang mengandung vitamin dan kalsium yang baik bagi tulang dan kulit. Untuk mengobati dengan pisang caranya : siapkan 1 buah pisang, blender lalu oleskan pada kulit wajah anda sebagai masker dan diamkan selama 10 s.d 15 menit, lalu bilas dengan air bersih.

Metode 10 : Cara alami menghilangkan jerawat dengan alpukat

Buah alpukat merupakan salah satu buah yang sering diolah menjadi jus yang menyegarkan. Untuk mengobati dengan alpukat, cara nya blender alpukat lalu oleskan pada wajah Anda selama 10 s.d 15 menit, lalu bilas dengan air bersih.

Metode 11 : Cara alami menghilangkan jerawat dengan tomat

Tomat kaya akan vitamin A dan C sehingga baik bagi kulit wajah. Untuk mengobati anda bisa blender tomat lalu oleskan pada wajah anda sebagai masker dan diamkan selama 10 s.d 15 menit. Lalu bias dengan air bersih.

Baca juga uraian sehat tentang:
Macam-macam jerawat
Faktor penyebab timbulnya jerawat

Demikian beberapa metode cara menghilangkan jerawat secara alami. Dari beberapa metode diatas anda bisa memilih salah satu yang Anda sukai tanpa harus memikirkan efek samping sebagaimana penggunaan obat-obat kimia.




Artikel ini memuat topik:
cara menghilangkan jerawat secara alami ; jerawat di dahi ;