10 Cara Menghilangkan Flek Hitam Pada Wajah Secara Alami

Flek hitam atau black spot bukan perkara mudah untuk ditangani. Tapi masalah ini bukan berarti sesuatu yang mustahil untuk dilakukan. Ada banyak metode efektif sebagai cara menghilangkan flek hitam pada wajah secara alami. Flek hitam perlu dihilangkan karena kehadirannya menganggu penampilan seseorang. Kali ini akan dibahas cara alami mengatasi flek hitam di wajah yang efektif untuk anda gunakan sendiri di rumah.

Penyebab utama flek hitam pada wajah yaitu sekresi berlebihan dari melanin akibat ketidakseimbangan hormon, monopouse, kehamilan, obat, kekurangan vitamin dan mineral, gangguan usus, dan faktor stres. Selain di wajah, flek hitam di seluruh tubuh perlu anda konsultasikan ke dokter karena boleh jadi ada masalah kesehatan yang terjadi pada diri anda.

Cara Menghilangkan Flek Hitam Pada Wajah Secara Alami

Cara Menghilangkan Flek Hitam Pada Wajah Secara Alami

Banyak produk kecantikan pemutih wajah yang beredar dipasaran. Ada yang mendapatkan izin BPOM namun ada juga yang dijual tanpa izin resmi. Anda mesti ekstra hati-hati dalam memilih produk pemutih karena membeli produk tanpa izin resmi menjadikan kita tidak tahu bagaimana isi kandungan yang terdapat didalamnya. Menggunakan produk berizin BPOM adalah lebih baik daripada yang tanpa izin. Selain itu terdapat alternatif pengobatan yang murah, mudah, serta relatif minim efek samping berbahaya yakni dengan cara alami menghilangkan flek hitam dengan memanfaatkan bahan alami.

10 Cara Menghilangkan Flek Hitam pada Wajah

Nah bagi anda yang memiliki flek hitam di wajah yang sulit dihilangkan, simak beragam cara menghilankan flek hitam pada wajah secara alami dibawah ini:

1. Lemon

Kandungan asam sitrat yang terdapat dalam buah melon memiliki khasiat kecantikan yang besar. Asam sitrat tak hanya membantu melepaskan sel kulit yang mati, namun juga menyebabkan pertumbuhan sel kulit baru sekaligus mencerahkan kulit. Anda dapat memanfaatkan lemon untuk mengatasi masalah flek hitam, bintik-bintik penuaan, bekas jerawat, dan keriput yang terjadi pada usia dini. Efek samping jika digunakan secara berlebihan yaitu sensasi sedikit rasa terbakar, kesemutan, dan kulit memerah untuk sementara waktu.

Cara menghilangkan flek hitam pada wajah dengan lemon yaitu sebagai berikut :

  1. Siapkan lemon dan kapas.
  2. Peraslah lemon secukupnya pada wadah atau piring kecil.
  3. Celupkan kapas kedalam air perasan lemon tersebut lalu peraslah kapasnya.
  4. Usapkan kapas pada area wajah diamkan sejenak selama 5 menit.
  5. Basuhlah wajah dengan air bersih.

Yang perlu anda perhatikan setelah menggunakan perasan air lemon, jangan berada dibawah sinar matahari langsung karena dapat membuat kulit anda menjadi sensitif. Anda dapat menggunakan perasan air lemon pada malam hari sebelum anda tidur. Untuk mendapatkan hasil maksimal gunakan secara rutin hingga flek hitam hilang dari wajah anda.

Baca juga:
Manfaat buah melon

2. Pepaya

Cara kedua dalam menghilangkan flek di wajah yaitu dengan memanfaatkan buah pepaya. Pepaya mengandung papain yakni enzim hidrolase sistein protease yang terdapat dalam pepaya. Enzim ini biasa digunakan untuk mendisosiasikan sel dalam tahap pertama persiapan kultur sel. Selain itu enzim ini juga dipakai untuk bahan baku beberapa produk pasta gigi dan permen pemutih gigi. Pepaya mudah mengandung enzim papain lebih tinggi daripada pepaya matang. Tapi akan terasa agak menyengat saat digunakan untuk kulit. Jika anda khawatir maka anda dapat memanfaatkan pepaya matang saja untuk menghilangkan flek hitam pada wajah anda.

Cara menghilangkan flek hitam pada wajah dengan pepaya yaitu sebagai berikut :

  1. Lembutkan pepaya hingga menjadi seperti bubur.
  2. Gosokkan pepaya pada area flek hitam di wajah.
  3. Diamkan sejenak selama 10 menit.
  4. Bilas dengan bersih.

Baca juga:
Manfaat daun pepaya

3. Kulit Semangka

Semangka dapat anda jadikan sebagai obat flek hitam wajah karena buah ini kaya serat dan mengandung vitamin A,B, dan C. Semangka mampu mengurangi bintik-bintik di kulit akibat terlalu lama berada di bawah sinar matahari. Anda cukup memanfaatkan kulit semangka untuk mengatasi flek hitam dan bintik-bintik diwajah.

Cara menghilangkan bintik-bintik dan flek hitam di wajah dengan kulit semangka yakni sebagai berikut:

  1. Potong semangka dan ambil kulit semangka bagian dalamnya.
  2. Blender kulit semangka bagian dalam.
  3. Oleskan ramuan pada area flek hitam pada wajah.
  4. Diamkan sejenak selama 10 menit lalu bilas muka dengan air bersih.

Baca juga :
Manfaat buah semangka

4. Kentang

Kentang mengandung vitamin, mineral, asam esensial, karotenoid, dan polifenol. Dengan kandungan yang dimilikinya, kentang dapat merangsang produksi kolagen sehingga elastisitas kulit pun terpelihara dengan baik. Anda dapat memanfaatkan kentang untuk mengatasi flek hitam wajah dengan cara dikonsumsi langsung berupa jus maupun dijadikan sebagai masker wajah.

Cara membuat masker kentang untuk menghilangkan flek wajah yaitu sebagai berikut:

  1. Siapkan 2-3 buah kentang lalu tambahkan sedikit air.
  2. Peras parutan kentang dengan saringan. Tambahkan madu dan 3 tetes jeruk nipis.
  3. Oleskan masker pada area kulit yang terdapat flek dan noda hitam wajah.
  4. Diamkan sejenak selama 10 menit lalu basuh wajah dengan air bersih.

5. Minyak Vitamin E dan Lidah Buaya

Vitamin E merupakan antioksidan yang bagus dalam penyembuhan luka. Penelitian membuktikan bahwa vitamin E dapat menembus dermis (lapisan kulit dibawah epidermis) dan menstabilkan produksi kolagen.

Cara mengatasi flek dengan minyak vitamin E adalah sebagai berikut :

  1. Campur minyak vitamin E dengan minyak lidah buaya.
  2. Oleskan campuran minyak tersebut pada flek hitam dan bekas jerawat pada wajah anda.
  3. Diamkan selama 5 menit dan basuhlan dengan air bersih.

Anda dapat membeli minyak vitamin E di apotek, sedangkan minyak lidah buaya dapat anda peroleh secara mudah di lingkungan sekitar anda. Untuk mendapatkan supply lidah buaya, akan lebih baik jika anda menanam tanaman lidah buaya di pekarangan anda karena tanaman ini mudah dipelihara.

6. Lidah Buaya

Lidah buaya berkhasiat dalam proses penyembuhan luka dan dapat digunakan sebagai produk kecantikan pemutih kulit alami. Cara menghilangkan flek hitam pada wajah dengan lidah buaya yakni:

  1. Oleskan minyak lidah buaya langsung pada area flek hitam bermasalah pada wajah anda.
  2. Lakukan pijatan pelan-pelan dengan jari selama 5 menit. Lalu diamkan sejenak dan bersihkan dengan air hangat.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal gunakan metode ini secara rutin setiap hari selama 2-3 minggu hingga flek menghilang pada muka anda.

7. Kunyit

Kunyit (kunir atau curcuma) adalah tanaman herbal alami yang dapat digunakan sebagai ramuan obat mengatasi masalah kecantikan kulit. Kunyit dapat mencerahan kulit, menghilangkan flek hitam di wajah, serta sekaligus efektif menghambat penuaan dini. Cara menggunakan kunyit untuk mengobati flek hitam diwajah yaitu sebagai berikut:

  1. Bikin pasta yang terdiri dari kunyit, madu, dan minyak zaitun.
  2. Oleslah ramuan pada area flek dan bintik hitam di wajah.
  3. Diamkan sejenak selama 10 menit dan bersihkan wajah dengan air.

8. Madu

Kita mengenal madu sebagai bahan alami yang berkhasiat bagi obat mengatasi berbagai penyakit dan masalah kecantikan. Hal ini terjadi karena madu mengandung antibiotik yang mampu mematikan bakteri. Gunakan madu asli 100% untuk menghilangkan flek hitam dan noda hitam di wajah. Anda dapat meminum madu sekaligus menjadikannnya sebagai masker wajah dengan cara mengoleskannya langsung pada area kulit wajah anda.

9. Cuka Apel

Siapa yang menyangka cuka apel dapat mengatasi flek hitam. Ya betul. Anda dapat membeli cuka apel di apotek. Cuka apel bermanfaat menyembuhkan kutil, mengobati jerawat batu, dan flek hitam pada wajah anda.

Cara menggunakan cuka sari apel yaitu dengan mencampurkan cuka sari apel dengan air dalam jumlah yang sama lalu oleskan area area flek bintik hitam di wajah anda. Diamkan selama 2 menit lalu basuh dengan air hangat yang bersih. Lakukan cara ini 1x setiap hari hingga noda flek memudar.

10. Mentimun

Mentimun kaya vitamin A, C, E, dan kalium. Mentimun memiliki efek sifat mendinginkan dan menenangkan luka pada kulit. Terkait noda flek hitam pun mentimun dapat menyembuhkannya. Caranya yakni:

  1. Iris satu mentimun segar lalu rendam dengan air seukuran aqua gelas.
  2. Saring air tersebut dan gunakan air mentimun untuk membasuh wajah anda.

Upaya kita menghilangkan flek hitam di wajah butuh proses waktu yang tidak sebenar. Teruslah berusaha hingga noda flek hitam di wajah anda memudar. Terapkan secara rutin cara menghilangkan flek hitam pada wajah secara alami diatas. Gunakan saja salah satu dari 10 cara alami diatas maka perlahan noda flek hitam akan menghilang dari wajah anda.




Artikel ini memuat topik:
cara menghilangkan black hitam di wajah ; Cara menghilangkan black hitam pada wajah ; cara menghilangkan flek hitam di wajah dengan cuka apel ; cara menghilangkan flek hitam akibat penuaan dini ; cara alami menghilangkan flek hitam akibat penuaan ; Cara efektif menghilangkan flek wajah akibat penuaan ; cara menggunakan cuka apel untuk flek hitam ; cara menghilang kan plek hitam penuaan dini ;