Cara Mengatasi Tekanan Darah Rendah

Cara mengatasi tekanan darah rendah. Tekanan darah rendah sebenarnya bukan penyakit yang dapat menyebabkan kematian. Orang yang punya tensi tinggi justru lebih beresiko memiliki umur yang lebih pendek daripada orang yang punya tensi rendah.

Kurangnya gizi makanan di dalam tubuh merupakan penyebab tekanan darah rendah pada seseorang. Bukan karena sayur atau makanan yang tidak bergizi, namun gizi-gizi tersebut hilang saat dimasak, sehingga menyebabkan gizi yang ada di makanan tersebut berkurang atau hilang saat kita konsumsi. Penderita tekanan darah rendah biasanya akan merasakan mudah lelah dan rasa lemas, sesak nafas, pusing kepala lebih sering, terdapatnya banyak gangguan pencernaan dan juga konsentrasi yang hilang. Nah melalui artikel ini akan dibahas penyebab dan cara mengatasi tekanan darah rendah.

mengukur-tensi

Penyebab Tekanan Darah Rendah

Lantas, apa yang menjadi penyebab tensi rendah? Nah penyebab tekanan darah rendah terdiri dari beberapa faktor yaitu :

1. Dehidrasi

Tubuh yang kekurangan cairan akan mengalami dehidrasi. Dehidrasi biasanya terjadi setelah anda melakukan olahraga yang berat. Dan jika anda sering mengalami dehidrasi, dapat membuat anda terpicu oleh darah rendah. Oleh karena itu setelah berolahraga anda harus banyak mengonsumsi air putih agar cairan di dalam tubuh anda kembali normal.

Gejala tekanan darah rendah akibat dehidrasi adalah kepala yang pening, dan pandangan berkunang-kunang namun juga dapat mengalami pingsan saat anda dehidrasi. Cairan di dalam tubuh sangat penting karena aktivitas di dalam tubuh anda akan lancar jika cairan di dalam tubuh cukup.

2. Pendarahan

Pendarahan atau kurangnya darah juga dapat menjadi penyebab tekanan darah rendah. Operasi atau kecelakaan yang membuat pendarahan dapat membuat penderitanya mengalami tekanan darah rendah. Untuk mengobatinya anda harus datang langsung ke dokter karena ini ada hubungannya dengan bagian dalam tubuh.

3. Peradangan

Selain pendarahan, yang dapat menyebabkan darah rendah adalah peradangan (inflamasi). Darah rendah dapat terjadi karena darah di bagian organ yang terkena inflamasi berkurang. Resiko terkena tekanan darah rendah akan di alami oleh orang yang menderita jantung lemah. Otot jantung lemah membuat darah yang di pompa berkurang sehingga menimbulkan tekanan darah rendah bagi penderita jantung lemah. Otot jantung dapat melemah karena adanya virus yang terdapat di jantung dan juga akibat serangan jantung.

4. Penyumbatan pada pembuluh darah

Pembuluh darah yang tersumbat juga dapat membuat tekanan darah di dalam tubuh rendah. Adanya sumbatan ini akan membuat sinyal ke jantung mengalami hambatan dan akan membuat jantung mengalami gangguan juga. Jika sumbatan pada pembuluh darah dibiarkan akan membuat tekanan darah di dalam tubuh menjadi rendah.

5. Detak jantung tidak normal

Tidak normalnya detak jantung juga menjadi penyebab tekanan darah rendah. Jantung berdetak tidak normal menandakan jantung anda sedang bermasalah atau terganggu. Darah yang di pompa berkurang karena jantung berdetak tidak normal. Darah rendah yang terjadi saat anda hamil merupakan hal yang wajar. Namun anda juga tidak boleh membiarkannya karena dapat membahayakan sang janin. Oleh karena itu periksakan secara rutin kondisi anda saat masa kehamilan.

6. Kekurangan nutrisi

Salah satu penyebab tekanan darah rendah menjadi turun drastis yaitu jika tubuh kekurangan nutrisi. Jangan pernah menganggap makanan yang anda makan dengan sepele, karena jika makanan yang anda konsumsi tidak memiliki nutrisi yang cukup dapat memicu terjadinya darah rendah. Oleh karena itu perbanyaklah mengonsumsi kacang kacangan dan juga kedelai.

Cara Mengatasi Tekanan Darah Rendah

Berikut ini cara tepat mengatasi tekanan darah rendah :

  • Senantiasa memonitor tekanan darah anda.
  • Tidur yang cukup dan berkualitas. Jangan suka begadang.
  • Jangan terlalu sering angkat beban berat.
  • Rutin olah raga.
  • Jangan mandi air panas terlalu lama.
  • Perbanyak minum air putih.
  • Kurangi gula.
  • Hentikan kebiasaan minum alkohol.
  • Minum rutin kopi 1 gelas setiap hari.
  • Konsumsi kacang-kacangan dan kedelai.
  • Minum Jus Wortel / lemon 1 gelas sehai.

Demikian cara mengatasi tekanan darah rendah. Untuk mengobati tensi rendah anda dapat melakukan salah satu cara diatas. Baca juga tips mengobati tensi tinggi.




Artikel ini memuat topik:
bagaimana cara agar darah tidak rendah sehabis sesar ; gejala darah rendah pasca operasi ; pasca operasi darah berkurang ; pompa jocki tekanan turun ko gak mangil ya ; tensi turun pasca oprasi ;

Tags: