7 Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami

Ada 7 cara mengatasi rambut rontok secara alami yang dapat anda pakai untuk melakukan perawatan rambut tradisional. Perawatan rambut rontok kini menjadi fenomena karena setiap tahunnya terjadi peningkatan jumlah orang yang mengalami kerontokan rambut. Menipisnya rambut kepala terjadi karena kerontokan pada rambut yang tidak normal. Masalah rambut rontok menyebabkan orang merasakan tidak percaya diri karena penampilan rambutnya yang tidak indah dahulu.

Sebenarnya rambut rontok merupakan hal yang wajar, karena rambut mempunyai siklus hidup. Rambut yang sudah tua akan rontok dan akan diganti dengan rambut yang baru. Setiap hari normalnya seorang wanita akan mengalami kerontokan sebanyak 90 helai rambut, tetapi jika kerontokan rambut lebih dari normal maka seorang wanita itu mengalami kerusakan pada rambut.

Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami

Credit to Shutterstock

Masalah penyebab rambut rontok dapat disebabkan beberapa hal diantaranya :

  1. Makanan
    Makanan pedas dan mengandung banyak minyak merupakan salah satu penyebab kulit kepala menjadi kelebihan minyak dan mengakibatkan rambut menjadi mudah rontok.
  2. Penggunaan alat rambut
    Sisir, hairdryer bahkan menggunakan ikat rambut akan menimbulkan rambut mudah rontok.
  3. Obat-obatan
    Bahan kimia pada obat-obatan mempunyai efek samping, biasanya akan membuat rambut mudah rontok.
  4. Hamil
    Wanita hamil akan mengalami kerontokan pada rambut karena telogen effluvium yang bisa membuat rambut menjadi rontok, masalah ini akan berhenti setelah wanita tersebut melahirkan.

Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami

Ada beberapa cara mengurangi rambut yang rontok , salah satunya dengan memakai shampo anti rambut rontok. Tetapi penggunaan shampo yang terus menerus akan membuat gangguan pada kesehatan rambut karena shampo mengandung bahan kimia. Nah jika anda ingin back to nature maka berikut cara mengatasi rambut rontok secara alami dan ampuh :

1. Bawang putih

Khasiat bawang putih adalah untuk mengurangi dan mengatasi rambut rontok. Blender bawang putih hingga halus kemudian oleskan pada rambut sebelum tidur. Pada pagi hari bilas dengan menggunakan air bersih dan shampo.

2. Jahe

Jahe juga dapat mengurangi rambut yang rontok. Haluskan jahe kemudian oleskan pada kulit kepala lakukan pada saat sebelum tidur, kemudian di pagi harinya keramas rambut dengan menggunakan shampoo sampai bersih.

3. Teh hijau

Teh hijau berkhasiat untuk mengurangi rambut rontok serta meningkatkan pertumbuhan rambut. Kandungan antioksidan pada teh hijau dapat membantu peredaran darah pada kepala lanjar sehingga rambut akan sehat dan tidak mudah rontok. Sedu dua kantung teh hijau dengan menggunakan air hangat. Kemudian balur seduhan air teh hijau ke rambut hingga merata dan pada kulit kepala yang rontok. Diamkan selama 1 jam sebelum dibilas dengan menggunakan air bersih.

4. Jeruk nipis

Jeruk nipis dapat membantu mengurangi rontok pada rambut. Iris buah jeruk nipis menjadi beberapa irisan kemudian usapkan pada kulit kepala. Setelah diusapkan merata lalu diamkan selama 15 menit kemudian bilas den keramas hingga bersih.

5. Minyak kemiri

Sudah sejak zaman dahulu minyak kemiri terkenal sebagai bahan untuk membuat rambut menjadi sehat dan mengurangi kerontokan pada rambut. Sekarang ini minyak kemiri sudah dapat dibeli di took-toko kecantikan. Cara pemakaiannya pun lebih mudah. Hanya cukup meneteskan minyak kemiri pada kulit rambut lalu pijat secara lembut setelah keramas.

6. Alpukat

Kandungan protein pada buah alpukat dapat membantu mengatasi rambut rontok dan membuat rambut agar tetap sehat. Cara mengurangi rambut rontok yaitu dengan menghaluskan alpukat di dalam mangkuk kemudian usapkan pada rambut dari ujung rambut sampai akar rambut lalu biarkan sampai 20 menit. Bersihkan dengan menggunakan shampoo sampai bersih.

7. Yoghurt

Yoghurt dapat mengatasi rambut rontok. Cara penggunaanya cukup oleskan yoghurt pada rambut seperti creambath. Diamkan selama beberapa menit kemudian bilas dengan menggunakan air bersih.

Lakukan cara mengatasi rambut rontok secara alami di atas secara teratur untuk hasil yang lebih maksimal. Silahkan dicoba tips mengurangi rambut rontoknya.