6 Cara Mengatasi Rambut Kering Secara Alami

Cara mengatasi rambut kering penting bagi wanita dan pria. Karena rambut adalah mahkota kecantikan yang bernilai tinggi bagi seorang wanita. Barangkali anda belum sadar betapa bernilainya kesehatan rambut anda. Kondisi rambut anda yang kering saat ini belum dianggap sebagai suatu masalah serius yang membutuhkan penanganan. Untuk itu coba ubah mindset tidak lagi cuek bagi yang memiliki masalah rambut kering.

Rambut yang kering seringkali menjadi penyebab rambut mudah banget kusut. Beberapa kebiasaan yang membuat rambut kering diantaranya sering terpapar sinar matahari, sering menggunakan hair dryer, menggunakan shampo yang tidak cocok, penggunaan bahan kimia pada rambut, dan menggosok rambut terlalu keras. Lantas bagaimana cara mengatasi rambut kering sehingga dapat mengembalikan aura kecantikan rambut anda seperti dulu?

Cara Mengatasi Rambut Kering

1). Minyak Zaitun

Gunakan minyak zaitun untuk mengatasi rambut kering anda. Caranya cukup mudah. Basahi dahulu rambut, lalu oles minyak zaitun dan diamkan selama kurang lebih 20 menit dan bilas dengan shampo hingga bersih.

2). Alpukat

Buah alpukat selain berkhasiat bagi kesehatan tubuh juga dapat dipakai sebagai cream pelembab rambut alami supaya rambut tidak kering dan mudah patah. Caranya siapkan 1 buah alpukat lalu blender sampai halus. Hasil blenderan alpukat dapat anda jadikan sebagai cream pelembab rambut. Oleskan cream dan diamkan sejenak 20 menit lalu bilas dengan shampo hingga bersih.

rambut-kering

3). Madu

Kandungan nutrisi madu sangat baik untuk kesehatan, tak terkecuali untuk merawat rambut kering anda. Caranya siapkan 1 sendok madu dan tambahkan 4 gelas air 240 ml lalu aduk hingga rata. Gunakan bahan ramuan madu tersebut dan ratakan pada seluruh area kulit rambut anda. Diamkan 15 menit dan bilas dengan shampo hingga bersih.

4). Masker Pisang

Pisang berkhasiat melembutkan rambut anda. Anda bisa memakan pisang atau menjadikan pisang sebagai masker rambut anda. Cara merawat rambut kering dengan masker pisang yaitu dengan cara memblender pisang. Hasil blenderan pisang merupakan masker alami rambut anda. Gunakan masker pisang di rambut dan kulit kepala sambil dibungkus dengan handuk. Diamkan sejenak 20 menit. Setelah itu keramaslah seperti biasa.

5. Cuka Apel

Cuka apel mengandung alpha-hidroxy acids yang bermanfaat dalam membersihkan bekas kotoran dan polusi yang menempel di kulit rambut anda. Cara merawat rambut kering dengan cuka apel yaitu : ambil 60 ml air lalu campur dengan setengah gelas cuka apel. Gunakan campuran tersebut untuk dibilaskan pada rambut anda ketika anda sedang keramas.

6. Campuran Lemon dan Madu

Buah lemon dapat juga digunakan untuk merawat rambut kering. Untuk treatment rambut yang kering gunakan air lemon. Caranya ambil air lemon dengan cara diperas, lalu campurkan 2 sendok air lemon dengan 1 sendok madu. Kemudian balurkan keseluruh rambut hingga ke akarnya. Diamkan sejenak 20 menit dan bilas dengan shampo hingga bersih.

6. Campuran Minyak Zaitun, Madu, dan Lemon

Cara mengatasi rambut kering ini cukup efektif karena menggabungkan khasiat minyak zaitun, madu, dan lemon. Cara meramunya yaitu dengan mencampurkan 2 sendok makan minyak zaitun, 1 sendok makan madu, dan 2 sendok makan perasan lemon. Aduklah ketiga bahan tersebut hingga merata. Oleskan ramuan tersebut pada rambut dan kulit kepala anda selama 20 menit. Setelah selesai bilas dengan shampo sampai bersih.

Demikian cara mengatasi rambut kering agar kesehatan mahkota anda senantiasa cantik alami. Anda dapat memilih salah satu dari cara perawatan rambut kering diatas yang anda sukai. Untuk hasil maksimal gunakan kombinasi ramuan minyak zaitun, madu, dan lemon sehingga efektif dapat mengatasi rambut kering. Semoga info kesehatan ini bermanfaat bagi pembaca.




Artikel ini memuat topik:
pelembab rambut alami ; pelembab rambut ; minyak pelembab rambut ; ramuan pelembab rambut ; cara membuat pelembab rambut ; crem alami untuk rambut kering ; madu ramuan buat rambut ; minyak alami pelembut rambut yang kering ;