Cara Mengatasi Mual Saat Hamil

Cara mengatasi mual saat hamil (morning sickness) perlu diketahui oleh calon ibu yang sedang mengalami masa awal kehamilannya. Sebenarnya masa kehamilan merupakan saat yang paling menyenangkan, mendebarkan, menegangkan dan berbagai macam perasaan bercampur menjadi satu, terutama bagi wanita yang baru pertama kali merasakan kehamilan.

mual-ibu-hamil-ct

Mual Pada Ibu Hamil (© Shutterstock)

Menjadi seorang ibu adalah dambaan setiap wanita diseluruh dunia dan karunia terbesar yang Tuhan berikan kepada wanita, seorang wanita harus menanggung beban yang cukup berat yang tidak dapat ditinggalkan meskipun 1 detik saja, menjaganya dan membawanya di dalam rahim selama 9 bulan dan harus mengalami hal-hal yang tidak menyenangkan selama masa kehamilan itu berlangsung.

Salah satu hal yang sering dialami oleh seorang wanita hamil adalah mual dan muntah terutama ketika kehamilan baru menginjak trimester pertama. Perasaan mual dan muntah yang sering dialami oleh wanita yang sedang hamil disebut juga dengan morning sicknees. Dinamakan morning sickness Karena gejala ini biasanya muncul pada pagi hari.

Istilah Morning sickness atau nama lainnya Emesis gravidarum sebenarnya adalah sebuah gejala mual yang biasanya disertai dengan muntah yang biasanya terjadi pada awal masa kehamilan atau pada trimester pertama. Meskipun tidak semua wanita hamil mengalami gangguan morning sickness tetapi sebagian besar mengalaminya.

Baca juga :
Cara menjaga kehamilan trimester pertama
Cara menjaga kehamilan trimester ketiga
keluhan-keluhan ibu hamil yang harus diwaspadai

Wanita yang sedang hamil terutama pada trimester akan merasakan tanda-tanda beradaptasi tubuh akibat kehadiran janin di dalam rahimnya, untuk meresponnya tubuh mulai melakukan perubahan baik mulai perubahan fisik ibu seperti tubuh yang mulai membesar dan perut membuncit dan juga perubahan hormonal di dalam tubuh sang ibu.

Perubahan aktivitas hormonal inilah yang diduga memnyebabkan morning sickness atau Emesis gravidarum pada wanita hamil. Beberapa hormon yang aktivitasnya mengalami peningkatan pada masa kehamilan adalah hormon progesteron dan hormon HCG.

Baca juga:
Apa itu baby blues syndrome dan bagaimana cara mengatasinya?

Hormon progesteron adalah salah satu hormon pada wanita yang memiliki fungsi untuk menghambat terjadinya kontraksi uterus yang sangat berhubungan dengan usaha untuk mempertahankan janin muda yang baru berimplantasi dalam uterus ntuk mencegah keguguran dan juga kelahiran prematur, peningkatan hormon ini dapat memberikan pengaruh pada sistem pencernaan ibu hamil, akibatnya proses mencerna makanan akan semakin lambat dan memicu terjadinya mual dan muntah. Sedangkan hormon HCG (Human Choroinic Gonadotrophin) adalah hormon yang ditemukan pada tubuh wanita yang sedang hamil yang dibuat oleh embrio setelah terjadi pembuahan karena adanya pertumbuhan jaringan plasenta, karena itulah hormon ini disebut juga sebagai hormon kehamilan. Pelepasan dari hormon HCG ini pada aliran darah dapat memicu rasa mual. Selain aktivitas hormonal tersebut ada beberapa penyebab lain yang memicu timbulnya morning sickness pada awal kehamilan yaitu karena makanan yang pedas dan berminyak serta peningkatan sensitifitas bau dan rasa yang dialami oleh wanita hamil.

Dalam beberapa kasus morning sickness atau Emesis gravidarum juga bisa dialami oleh wanita yang sedang melakukan kontrasepsi hormonal atau menjalani terapi hormonal.

Menurut para pakar kesehatan morning sickness merupakan hal yang normal yang terjadi pada ibu hamil. Morning Sickness merupakan mekanisme tubuh yang sedang mempersiapkan diri menjadi seorang ibu. Meskipun demikian rasa mual dan muntah yang dirasakan kerap kali mengganggu aktivitas sehari-hari, bahkan terkadang karena adanya gejala ini ibu mengalami penurunan nafsu makan dan hanya menginginkan makanan tertentu saja atau bahkan yang aneh-aneh yang kita kenal dengan istilah ngidam.

Baca juga:
Makanan sehat untuk ibu hamil

Nah karena sulit makan maka asupan gizi pada ibu hamil juga akan berkurang padahal gizi dan nutrisi pada awal kehamilan sangat dibutuhkan janin untuk pertumbuhan dan perkembangannya. Karena itu cara mengatasi morning sickness adalah hal tepat yang harus dilakukan oleh wanita hamil.

Beberapa cara mengatasi mual saat hamil (morning sickness) yaitu :

1. Menjaga pola makan tetap teratur
Meskipun tidak menginginkannya namun, menjaga pola makan adalah salah satu cara mengatasi morning sickness yang tepat. Pada saat hamil perlu disadari juga bahwa seorang wanita tidak hanya bertanggung jawab pada kesehatan dirinya sendiri tetapi juga kesehatan janin yang sedang berada di dalam kandungannya, karena itulah asupan gizi yang cukup sangat dibutuhkan. Meskipun dalam porsi yang sedikit tetapi cobalan untuk makan dengan teratur minimal 3 kali dalam sehari dan pilihlah menu makanan yang banyak mengandung gizi dan nutrisi yang baik bagi kesehatan ibu dan janin.

2. Hindari konsumsi makanan yang pedas dan banyak mengandung lemak
Makanan pedas dan berlemak juga diduga menjadi penyebab morning sickness pada wanita hamil. Selain itu, makanan pedas dan berlemak juga tidak memiliki gizi yang baik untuk kesehatan janin dan juga dapat menyebabkan gangguan kesehatan lainnya. oleh karena itu untuk mengatasi morning sickness pada kehamilan dan agar kesehatan tetap terjaga, sebaiknya makanan pedas dan berlemak perlu dihindari.

3. Biasakan ngemil pada pagi hari
Cara mengatasi morning sickness yang ketiga adalah dengan sering ngemil terutama pada pagi hari. sebaiknya selalu siapkan biskuit pada pagi hari dan setelah bangun tidur cobalah untuk memakan biskuit agar rasa mual yang dirasakan dapat berkurang.

4. Mengkonsumsi makanan yang dapat mengurangi mual
Jika melakukan aktivitas diatas belum juga dapat mengatasi rasa mual maka anda dapat mengakalinya dengan mengkonsumsi makanan yang dapat mengurangi rasa mual contohnya jahe dan gandu adalah salah satu makanan yang dapat meredakan rasa mual yang anda alami. Rasa hangat yang dihasilkan dari jahe dapat membantu perut merasa hangat sehingga mengurangi rasa mual sedangkan vitamin B yang terdapat pada gandum juga dapat membantu meredakan rasa mual, selain itu gandum juga dapat dijadikan alternatif menu makanan pengganti nasi.

Semoga informasi tentang cara mengatasi morning sickness diatas dapat membantu terutama bagi anda yang sedang hamil muda (uraian sehat).