Cara Mengajari Anak Membaca

Cara mengajari anak membaca yang benar agar anak anda bisa cepat membaca. Setiap ibu ingin anaknya bisa membaca dengan lancar. Tapi terkadang ada beberapa hambatan anak sulit membaca. Mengajari anak memang bukan hal yang sederhana, diperlukan ketelatenan, kesabaran, dan juga cara metode yang tepat.

Cara mengajari anak membaca dapat anda lakukan di rumah. Sediakan waktu luang untuk buah hati anda sehingga anda dapat tenang mengajari anak membaca. Pada artikel parenting kali ini akan dibahas cara mengajari agar anak bisa membaca dengan cepat.

Cara Mengajari Anak Membaca

Bagaimana cara mengajari anak belajar membaca yang efektif ? Berikut ini tips cara mengajari anak membaca yang benar.

cara-mengajari-anak-membaca

1. Belajar Membaca Sambil Bernyanyi

Untuk mengajari anak belajar membaca dibutuhkan suasana yang rileks serta menyenangkan. Sehingga anak tidak jenuh dan menikmati serta memahami dengan baik apa yang diajarkan. Belajar membaca melalui nyanyian menjadi metode belajar baca yang efektif, karena akan mudah diingat oleh anak. Dengan belajar sambil bernyanyi, anak akan kerap menyanyikannya di waktu bermain sekalipun.

2. Belajar Membaca Dengan Media Gambar atau video

Anda bisa membeli buku ataupun DVD belajar membaca di toko buku. Dengan begitu, anda bisa menciptakan suasana belajar yang mengasikkan seperti ketika bermain, dan tentunya cara mengajari anak membaca ini akan sangat disukai oleh anak. Atau anda bisa memilihkan acara televisi yang menyajikan acara pembelajaran membaca pada anak.

3. Membaca Sambil Bercerita

Bercerita adalah sesuatu yang dinantikan oleh anak-anak. Cara mengajari anak membaca lewat buku dongeng akan membuatnya senang dan membuatnya penasaran ingin tahu dongeng-dongeng dihalaman berikutnya. Rasa ingin tahu yang tinggi akan membuat anak memiliki motivasi tinggi untuk belajar membaca dengan cepat.

4. Belajar Membaca Setiap Hari

Supaya anak cepat bisa membaca, maka orang tua harus menemani anak belajar membaca setiap hari. Ini dimaksudkan agar anak semakin kuat dalam mengingat huruf dan pelafalannya.

5. Waktu Belajar Jangan Terlalu Lama

Agar anak tidak jenuh untuk belajar, jangan mengajarinya dalam waktu yang lama. Tetapkan waktu belajar yang cukup, tidak terlalu sebentar juga tidak lama. Cukup dengan 15-20 menit.

6. Berilah Pujian Pada Anak

Ketika anak bisa menyelesaikan kalimat bacaan dengan baik, segera berikan pujian. Anak sangat senang dipuji, dan dengan begitu membuat semangat belajarnya meningkat. Bisa juga disertai dengan ciuman atau pelukan, sehingga anak akan merasakan kepandaiannya. Cara mengajari anak belajar membaca ini merupakan cara paling efektif yang bisa anda lakukan.

7. Pahami Mood Anak

Keadaan mood pada anak bisa berubah-ubah tidak menentu. Untuk itu, anda perlu memahami moodnya agar bisa mendapatkan suasana menyenangkan. Jangan ajak ia belajar membaca ketika moodnya dalam keadaan tidak baik, karena tidak akan berdampak positif pada kualitas belajar membaca.

8. Kondisi Tenang

Selain suasana hati anak yang tenang dan nyaman. Anda sebagai pengajar juga harus menjaga kondisi diri agar tetap rileks, sehingga anak tidak akan merasa tegang saat belajar. Suasana yang tegang bisa membuat anak stres hingga kapok untuk belajar lagi.

Demikian tips cara mengajari anak membaca yang benar. Awali dengan kata-kata yang mudah terlebih dulu dan lakukan secara bertahap. Pahami kemampuan anak, jika dirasa belum begitu paham ulangi sampai benar-benar paham. Semoga bisa membantu anda dalam mengajari anak anda belajar membaca. (Uraian Sehat)