7 Cara Mendidik Anak Usia Dini Yang Tepat

Cara mendidik anak usia dini yang benar dan tepat. Panduan bagi orang tua yang ingin mendidik si kecil agar menjadi anak baik dan pintar. Kita tahu bahwa pendidikan anak usia dini (PAUD) adalah hal penting yang wajib diberikan kepada anak. Cara mengajar anak PAUD akan berdampak pada tumbuh kembang anak. Orang tua mempunyai peran utama dalam PAUD. Ibarat bertanam buah-buahan, perlu memberikan pupuk, merawatnya agar buah yang dihasilkan sesuai keinginan. Begitu juga dengan anak, sejak usia dini mereka harus didik agar kelak menjadi anak yang berbakti dan pintar.

Pendidikan tidak hanya diberikan lewat jenjang pendidikan formal, tapi juga di rumah melalui peran edukasi dari orangtua. PAUD perlu dilakukan dengan cara yang tepat. Sebab nilai-nilai edukasi yang ditanamkan pada anak usia dini kelak menjadi nilai-nilai yang dianutnya ketika dewasa kelak. Agar masa depan anak sukses, maka cara mendidik anak usia dini harus betul-betul anda perhatikan.

mendidik-anak

Cara Mendidik Anak Usia Dini

Berikut cara mendidik anak usia dini yang bisa anda lakukan :

1. Menjadi Pendengar Yang Baik Dan Berikan Dukungan

Setiap anak ingin didengar, dengan begitu anak akan merasa percaya diri karena dianggap keberadaannya. Dengarkan dengan baik apapun yang dikatakan oleh anak, baik keluh kesahnya, minat maupun cerita kesehariannya. Pahami keinginan anak, ajak diskusi, beri pemahaman, arahkan kemudian beri dukungan.

2. Tunjukkan Kasih Sayang Yang Tulus

Cara mendidik anak usia dini berikutnya yaitu bersikap lembut dan hangat kepadanya, sehingga anak merasa dekat dengan orangtua. Dengan begitu anak mau mendengarkan apa yang dikatakan orangtua. Untuk menunjukkan kasih sayang, bisa juga dengan pelukan maupun ciuman hangat.

3. Bangun Kreativitas Anak Dengan Bermain Bersama

Kreatifitas anak dapat dilatih melalui permainan edukatif. Anda bisa bermain bersama anak baik di rumah ataupun di luar rumah. Metode mendidik anak pada usia dini ini tidak hanya bisa mengembangkan kecerdasan IQ anak, tapi juga menambah kecerdasan emosional (EQ) anak.

4. Berikan Contoh Teladan Yang Baik

Anak akan meniru dan mencontoh orang yang paling dekat dengannya, yakni orangtua. Agar anak berakhlak terpuji, tunjukan juga contoh yang baik dan konsisten kepada anak. Perilaku anak dipengaruhi dari hasil pengamatannya. Pada usia di bawah 5 tahun, merupakan usia yang efektif untuk menerapkan sesuatu pada anak. Ini karena usia tersebut mempunyai daya ingat sangat kuat. Jadi cara mendidik anak pada usia dini ini merupakan cara yang sangat baik.

5. Hindari Kata “Jangan”

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan oleh orang tua yaitu berkata “jangan” disaat anak sedang bereksperimen yang mungkin tidak baik baginya. Dampak negatif kata “jangan” yaitu akan mengurangi kreatifitas sang anak. Solusinya, gantilah kata “jangan” dengan kalimat yang bermakna positif. Misalnya :

  1. Jangan Berebut mainan. Ganti menjadi : Kasian temanmu, gantian atuh mainannya.
  2. Jangan teriak-teriak. Ganti menjadi : Mamah lebih suka kalau adik bicara pelan.
  3. Jangan lari-larian di rumah. Ganti menjadi : Kalau di rumah bukan tempat lari, yuk kita ke lapangan kalau ade ingin lari-larian.
  4. Itu jangan diinjak. Ganti menjadi : lewat sini kalau ingin melangkah.

6. Sabar Dalam Menghadapi Anak

Tingkah laku anak terkadang membuat orang tua kesal, namun anda harus bisa menahan amarah. Apabila anak melakukan kesalahan, jangan memarahi atau membentaknya. Membentak anak akan membuat kesan buruk yang mendalam bagi anak. Dampak buruk membentak anak yaitu ketika dewasa tidak percaya diri, tidak menurut pada orang tua, dan lambat dalam mengambil keputusan. Berikan pemahaman dengan bahasa yang lembut dan mudah dimengerti jika anak kecil anda berbuat salah.

7. Pahami Sifatnya

Setiap anak punya karakter yang berbeda-beda. Untuk itu sebagai ortu maka anda harus paham karakter setiap anak. Cara mendidik anak usia dini dalam hal ini yaitu berikan perlakuan sesuai dengan karakternya, biarkan anak menjalani karakternya namun tetap beri arahan dengan lembut.

Demikian tujuh cara mendidik anak usia dini yang benar. Terapkan tips diatas dengan penuh kesabaran dan semoga anda sukses mendidik anak hingga menjadi anak yang soleh, pintar, dan berbakti pada orang tua. (Uraian Sehat)




Artikel ini memuat topik:
cara mendidik anak usia dini ; mendidik anak usia dini ; cara mendidik anak paud ; cara mengajar anak paud ; Cara mengajar anak usia dini ; mendidik anak paud ; cara mendidik ; metode mengajar anak paud ;