Cara Membuat Jus Kulit Manggis

Sebelumnya telah kita bahas manfaat buah manggis dan kini khasiat serta Cara membuat jus kulit manggis akan dijelaskan secara lengkap. Cara membuat jus kulit manggis menjadi obat herbal yang baik untuk kesehatan sebenarnya tidak terlalu sulit, namun jika anda tidak memiliki banyak waktu, anda dapat mencari obat herbal dengan bahan ekstrak kulit buah manggis. Saat ini obat-obatan herbal tersebut sudah banyak dijual di apotek dan supermarket.

Bagi anda yang ingin meracik ramuan herbal kulit manggis sendiri, ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mendapatkan hasil ramuan sempurna dari kulit manggis.

Cara Membuat Jus Kulit Manggis

Beberapa cara mudah membuat jus kulit manggis yang baik untuk kesehatan anda yaitu :

cara-membuat-jus-kulit-manggis

Merebus Kulit Manggis Kemudian Meminum Airnya

Air ramuan dengan cara ini lebih bersih dan terpisah dari ampasnya daripada diblender. Cara ini merupakan cara yang cocok untuk anda yang tidak suka menggunakan blender. Caranya sangat mudah yaitu anda cukup merebus kulit manggis kemudian meminum air rebusannya. Dalam ramuan ini anda diperbolehkan menambahkan gula atau madu untuk menambah rasa dari ramuan kulit manggis yang anda buat. Bagi yang diabetes, maka pilihlah madu sebagai pemanis jus.

Menjadikan Kulit Manggis Menjadi Seperti Teh

Masyarakat di beberapa daerah di Indonesia telah memahami betul khasiat kulit manggis. Namun karena buah yang berwarna merah keunguan ini hanya ada di musim tertentu, akhirnya ditemukan cara bagaimana agar ramuan kulit manggis ini tetap dapat dinikmati meskipun tidak sedang musim manggis. Cara yang ditemukan adalah dengan mengawetkan kulit manggis dengan cara mengeringkannya dan menjemur di bawah terik matahari.

Sebelum dijemur, kulit manggis terlebih dahulu dipotong-potong tipis. Jika sudah kering, keadaan kulit manggis ini menjadi lebih awet, namun tempat penyimpanannya pun harus diperhatikan, tidak boleh diletakkan pada tempat yang lembab, hal ini akan menyebabkan timbulnya jamur yang akan berbahaya bagi kesehatan. Untuk menikmati ramuan ini, anda cukup menyeduh kulit manggis yang sudah dikeringkan seperti halnya anda menyeduh dan menikmati secangkir teh.

Membuat Jus Kulit Manggis

Cara yang paling sering digunakan adalah dengan cara membuat jus dari kulit manggis. Di bawah ini adalah resep lengkap membuat jus kulit manggis :

Bahan:

  • Kulit Manggis yang masih segar
  • Air matang secukupnya
  • Pemanis (anda dapat menggunakan gula arena tau madu)
  • Es batu jika anda ingin menikmati jus dalam keadaan dingin
    Ditambah blender sebagai alatnya

Cara Membuat :

  • Ambil kulit manggis yang masih segar, kerok bagian dalamnya yang terlihat seperti selaput berwarna putih, jika anda menggunakan kulit manggis yang sudah tidak segar, anda akan kesulitan dalam tahap ini.
  • Masukan ke dalam blender dengan mencampurkan air matang secukupnya. Tunggu hingga tercampur dan halus dengan merata.
  • Tuangkan ke dalam gelas kemudian tambahkan madu atau gula aren yang sudah dihaluskan untuk mengurangi rasa pahit
    Agar jus kulit manggis anda lebih segar dan lebih enak untuk dinikmati, tambahkan es batu di atasnya.

Demikian cara membuat jus kulit manggis sebagai obat herbal. Konsumsi jus manggis secara teratur dapat menghasilkan khasiat bagi kesehatan anda. Dengan meminum jus ini maka semoga kesehatan anda menjadi lebih baik.