Cara Membentuk Tubuh Ideal Dengan Baik

Cara membentuk tubuh ideal dengan baik – Bentuk body yang atletis merupakan dambaan bagi sebagian orang terutama remaja yang peduli pada penampilan fisik. Banyak pusat kebugaran atau yang lebih dikenal dengan gym menjadi tempat sasaran para remaja untuk berolah raga atau sekedar hanya untuk bertemu dengan kawan kawannya. Walaupun dulu peminat gym adalah kaum dewasa, namun kini gym yang banyak terdapat di beberapa kota telah disesaki oleh kaum remaja yang ingin membentuk badan mereka

tubuh-ideal-pria

Tubuh Ideal Pria

Beberapa motivasi seseorang yang ingin membentuk tubuh ideal adalah sebagai berikut:

  • Pergaulan. Ketika seseorang berada dilingkungan gym, tentu saja orang tersebut berusaha berbaur dengan cara mengikuti gym.
  • Relationship. Sebagian motivasi pria ikut gym karena ingin menarik perhatian lawan jenis
  • Kebanggaan diri. Motivasi kebanggaan diri karena memiliki tubuh atletis menambah kepercayaan diri.
  • Menutupi kelemahan karena badan kurang tinggi. Bagi orang yang pendek, motivasi mengikuti gym boleh jadi untuk menambah daya tarik fisik mereka.
  • dan lain-lain.

Cara membentuk tubuh ideal secara baik adalah dengan menahan beban. Menahan beban bisa juga dilakukan oleh kaum wanita, karena pada dasarnya, wanita memiliki hormon testosteron yang lebih sedikit dibandingkan dengan laki-laki. Sebagaimana diketahui bersama bahwa hormon testosteron yang tinggi akan memudahkan pengembangan otot. Jadi, buat kaum wanita tidak perlu takut bila tubuh anda akan menjadi kekar dan berotot seperti pria dengan melakukan menahan beban. Berikut adalah beberapa latihan menahan beban :

1. Latihan pulldown

Pulldown dapat dilakukan dengan posisi duduk dan punggung yang tegak. Tangan memegang stang dengan siku yang mengarah ke bawah. Gerakan stang ke atas dan kebawah sambil tarik nafas -saat menurunkan beban dan hembuskanlah saat mengangkat beban. Pull down sebaiknya dilakukan 3 set dengan 10 repetisi.

2.push up dengan bola

melakukan push up dapat membentuk tubuh khususnya di bagian dada. Push up dilakukan dengan posisi tengkurap dan tubuh diluruskan. Bola dapat digunakan sebagai sandaran untuk tangan. Sebaiknya push up dilakukan sebanyak 3 set dengan 8 repetisi.

3. Mengangkat barbel

Untuk membentuk lengan pada tubuh anda, mengangkat barbel sangat dianjurkan untuk dilakukan. Cara melakukannya adalah dengan mengangkat barbel pada telapak tangan dan merapatkannya ke tengah. Angkatlah sampai ke arah dada, lalu turunkanlah secara perlahan. Untuk mengangkat barbel, sebaiknya dilakukan 3 set dengan 1 repetisi.

4. Overhead split squat

Dengan cara ini, anda dapat membentuk tubuh anda, khususnya pada bagian perut. Cara melakukannya adalah dengan menggenggam drumbel di kedua tangan dengan posisi di atas kepala. Langkahkan kaki kiri anda selangkah lebih maju, turunkan tubuh anda, berdiri kembali, lalu turunkan kembali tubuh anda dengan kaki yang berbeda. Lakukan cara ini dengan 3 set 10 repetisi.

5. Barbell lunger

Cara melakukannya adalah dengan mengangkat barbel pada kedua telapak tangan dan posisikan di bekakang leher anda. Majukan kaki kiri anda selangkah lebih maju, lalu tekuk sedikit kemudian turunkan tubuh anda dengan kaki belakang yang menekuk sampai lututnya menyentuh lantai. Dianjurkan menarik nafas ketika menurunkan tubuh anda dan hembuskan nafas ketika mengangkat tubuh. Lakukan hal ini selama 3 set dengan 8 repetisi.

Latihan-latihan diatas perlu dilakukan oleh sahabat Uraian Sehat sebagai cara membentuk tubuh ideal dengan baik. Lakukan hal diatas secara hati hati agar anda terhindar dari cidera. Selain itu, perbaiki pola hidup sehat dengan mengkonsumsi banyak protein dan mengindari makanan yang mengandung lemak, dan tidak merokok. Untuk mendapatkan bentuk tubuh proporsional secara maksimal, lakukanlah semua latihan diatas secara periodik.




Artikel ini memuat topik:
tubuh ideal pria ; cara membentuk tubuh ideal ; cara membentuk tubuh ideal pria ; cara membuat tubuh ideal pria ; cara membentuk badan ideal ; bentuk badan ideal pria ; membentuk tubuh ideal ; bentuk tubuh ideal pria ;