5 Cara Melembutkan Rambut Secara Alami

Cara melembutkan rambut secara alami. Setiap wanita ingin memiliki rambut indah, sehat, halus, dan lembut. Rambut yang lembut memiliki kesan rapih dan nyaman. Untuk mendapatkan rambut yang lembut tentu saja perlu perawatan yang optimal. Sekarang ini banyak kaum wanita rela mengeluarkan banyak uang hanya untuk mendapatkan rambut lembut. Namun terkadang mereka tidak memikirkan dampak negatif pemakaian bahan kimia yang dalam jangka panjang justru membuat kerusakan pada rambut.

Cara melembutkan rambut secara alami perlu dilakukan mengingat rambut adalah mahkota kehidupan seorang wanita. Wanita yang memiliki rambut lembut akan meningkatkan kepercayaan dirinya. Namun gaya hidup sekarang yang hanya ingin mengikuti trend, sering sekali mengakibatkan efek negatif pada rambut. Misalnya saja, pemakaian cat warna pada rambut akan mengakibatkan rambut mudah kering, kasar, dan rusak. Pada umumnya, wanita yang memiliki rambut rusak akan berkurang kepercayaan dirinya dibandingkan wanita cantik berambut lembut.

Cara Melembutkan Rambut Secara Alami

Untuk merawat rambut agar lembut sebenarnya tidak terlalu sulit dan juga tidak perlu mengeluarkan banyak uang. Sebenarnya banyak cara alami mendapatkan rambut yang sehat dan halus. 5 Cara melembutkan rambut secara alami ini anda lakukan sendiri rumah dengan menggunakan masker alami. Bahan yang dibutuhkan pun terbilang mudah diperoleh. Berikut cara melembutkan rambut secara alami:

cara-melembutkan-rambut-secara-alami

a. Masker Madu dan pisang

Madu memiliki aneka fungsi, penggunaan madu dan pisang dapat memberikan nutrisi pada rambut yang kusam dan dapat menghaluskan rambut. Dengan menggunakan madu, rambut akan menjadi lebih lembut dan halus berkilau. Caranya : lumatkan pisang dengan satu sendok makan madu. Oleskan madu dan pisang tersebut pada rambut sebelum berkeramas. Setelah 20 menit, bilas rambut dengan menggunakan air bersih.

b. Masker Lidah buaya (Aloe Vera)

Enzim yang terdapat dalam gel lidah buaya (aloe vera) bermanfaat untuk melembutkan dan menghaluskan rambut. cara menghaluskan rambut dengan lidah buaya yaitu gosokan daging lidah buaya atau yang berbentuk seperti gel dari ujung rambut sampai ujung akar rambut. Biarkan hingga 30 menit atau bisa semalaman. Untuk dapat digunakan seperti masker rambut cukup campur aloe vera dengan menggunakan sedikit air.

c. Masker Alpukat

Buah alpukat dipercaya sebagai salah satu bahan masker rambut yang dapat membuat rambut menjadi tampak halus. Ambil alpukat yang sudah matang lalu haluskan kemudian gunakan sebagai masker. Diamkan sejenak sambil ditutup dengan menggunakan shower cap selama 1 jam. Lalu bilas rambut dengan air bersih yang hangat. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan cara menghaluskan rambut ini seminggu sekali.

d. Masker telur dan yoghurt

Supaya rambut lembut, anda dapat memanfaatkan telur atau yoghurt. Siapkan telur dan enam sendok makan yoghurt. Campur kedua bahan ini hingga merata. Kemudian oleskan campuran itu pada rambut dan pijat hingga beberapa menit. Bungkus rambut dengan handuk yang hangat. Diamkan 10 menit, lalu bilas dengan menggunakan air hangat.

e. Masker Daun seledri

Daun Seledri dipercaya sebagai salah satu bahan alami dalam perawatan rambut. Salah satu manfaat daun seledri yaitu membuat rambut lembut. Caranya : haluskan daun seledri dengan cara diblender, lalu peras dan ambil air sari daun seledri. Oleskan air sari daun seledri dari ujung rambut hingga akar rambut secara merata. Tunggu dan diamkan selama 20 menit lalu bilas dengan air bersih.

Baca juga : Cara meluruskan rambut secara alami

Cara melembutkan rambut secara alami diatas akan optimal jika anda menerapkan gaya hidup sehat dan menghindari faktor pemicu stres. Demikian info kesehatan tentang cara melembutkan rambut secara alami.




Artikel ini memuat topik:
cara menghaluskan rambut dan meluruskan secara alami ; daun untuk menghaluskan rambut ;