Cara Melancarkan Peredaran Darah Agar Tidak Tersumbat

Apakah anda akhir-akhir ini merasakan peredaran/sirkulasi darah anda tidak lancar? Apa dampak jika peredaran darah kita tidak lancar? Agar sehat, pastikan peredaran darah kita lancar. Jadi simak cara melancarkan peredaran darah yang tersumbat agar terhindar dari gangguan penyakit.

Tersumbatnya sistem peredaran darah jika terus dibiarkan akan menyebabkan timbulnya beberapa penyakit dari ringan hingga mengancam jiwa. Secara umum penyakit yang muncul akibat penyumbatan peredaran darah sangat bervariasi, seperti penyakit jantung dan stroke. Pada beberapa kasus, orang yang mengalami peredaran darah tidak lancar akan memiliki kulit kusam dan keriput yang tidak normal jika melihat usia si penderita.

Selain itu, terdapat beberapa penyakit yang menyebabkan peredaran tidak lancar, seperti penyakit arteri perifer, vena varikosa, penyakit raynaud, diabetes, penggumpalan darah.

Cara Melancarkan Peredaran Darah

Sistem Peredaran Darah Pada Manusia (Credit to Wikipedia)

Lantas bagaimana cara mengatasi peredaran tidak lancar? Inilah cara memperlancar sistem peredaran darah agar tidak tersumbat dan menyebabkan gangguan kesehatan.

1. Olah raga rutin

Rajin berolah raga terbukti dapat melancarkan sistem peredaran darah tubuh kita. Ada banyak bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa orang yang sering berolahraga memiliki kesehatan dan semangat hidup yang positif. Selain itu, manfaat olahraga bagi sistem peredaran darah yaitu memperlancar peredaran darah dan memberi pasokan oksigen pada sel-sel kulit. Sehingga tidak heran orang yang suka berolah raga memiliki kulit yang kencang dan sehat.

2. Memperhatikan pola makan

Gaya hidup sehat dengan memperhatikan pola makan yang baik membuat sistem peredaran darah menjadi normal. Hindarilah makanan yang mengandung kolesterol tinggi dan perbanyak konsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran untuk mengurangi dampak negatif kolesterol jahat yang terlanjur mengendap di sirkulasi darah tubuh.

3. Konsumsi makanan yang dapat melancarkan peredaran darah

Beberapa makanan yang dapat memperlancar peredaran darah antara lain jahe, jeruk, coklat hitam, bawang putih, kunyit, bayam, cabe, paprika, ginkgo/gingko biloba, dan lain-lain. Coba anda buktikan dengan mengkonsumsi makanan tersebut maka sistem peredaran darah menjadi lancar dan tidak tersumbat.

4. Berhenti merokok

Bahaya rokok bukan hanya terjadi pada perokok aktif, tetapi juga pada perokok pasif. Pada saat merokok, banyak zat beracun yang ada dalam rokok akan masuk kedalam aliran darah dan menyebabkan darah terkontaminasi. Akibatnya terjadi penggumpalan dalam pembuluh darah sehingga aliran darah menjadi tidak lancar. Beberapa zat beracun tersebut antara lain tar, nikotin, karbon monoksida (CO), nikotin, fenol, merkuri, aseton, arsen, dan lain-lain.

Bagi perokok yang ingin peredaran darah di tubuh lancar, maka berhenti merokok adalah cara terbaik. Sedangkan bagi perokok pasif yang menjadi korban akibat ulah perokok aktif, pastikan jendela terbuka dan bujuklah agar perokok tidak merekok dalam ruangan tertutup apalagi di ruangan AC.

5. Terapi totok darah

Dengan mengandalkan penekanan pada titik syaraf tubuh tertentu, manfaat terapi totok darah dapat bermanfaat merangsang aliran darah menjadi lancar.

6. Terapi tertawa

Penelitian menunjukkan bahwa manfaat tertawa bagi kesehatan tubuh salah satunya dapat memperlancar sistem peredaran darah. Pada saat tertawa, otak akan memerintahkan kita melakukan gerakan visual dan phonic secara bersamaan. Dua gerakan tersebut dapat merangsang gerakan otot yang dapat meningkatkan peredaran darah dan menyalurkan oksigen ke seluruh anggota tubuh.

Anda dapat menonton film komedi sehingga mudah bagi anda untuk tertawa. Selain memperlancar peredaran darah, aktivitas tertawa juga dapat mengurangi stres.

Itulah 6 cara melancarkan peredaran darah agar tidak tersumbat dan menimbulkan gangguan penyakit. Bagaimanapun sirkulasi darah yang normal akan membuat tubuh kita tetap sehat, untuk itu pastikan agar sistem peredaran darah tubuh kita lancar dan normal.




Artikel ini memuat topik:
cara melancarkan peredaran darah yang tersumbat ; cara melancarkan peredaran darah ; Cara memperlancar peredaran darah ; melancarkan peredaran darah ; Memperlancar peredaran darah ; cara melancarkan darah ; cara memperlancar peredaran darah yang tersumbat ; cara melancarkan aliran darah ;