3 Cara Cepat Memanjangkan Rambut Secara Alami

Cara Cepat Memanjangkan rambut secara alami. Rambut merupakan mahkota manusia. Cara memanjangkan rambut kepala diperlukan agar mahkota dapat terlihat cantik dan menarik. Sebagian kaum wanita sangat mendambakan rambut panjang karena anggapan bahwa rambut panjang identik dengan kecantikan yang dimiliki oleh seorang wanita.

Dalam kondisi normal, rambut yang sehat akan tumbuh sekitar 1.2 cm setiap bulannya. Artinya dalam satu tahun rambut dapat bertambah panjang 15 cm. Banyak anggapan bahwa rambut sehat adalah rambut yang mudah panjang. Oleh sebab itu, artikel uraian sehat kali ini akan mengetengahkan cara cepat memanjangkan rambut secara alami.

Penyebab Cepat Lambatnya Pertumbuhan Rambut

rambut-panjang

Rambut Panjang (Credit to Shutterstock)

Pertumbuhan rambut seseorang dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti usia, hormon, gaya hidup, maupun kesehatan tubuh secara menyeluruh. Adanya faktor-faktor tersebut sangat berpengaruh terhadap kualitas rambut, sehingga untuk mendapatkan rambut panjang dengan cepat bukan masalah gampang.

Ciri-ciri rambut yang tidak sehat adalah kerontokan rambut, rambur terlihat kusut, kering, dan mudah berubah warna. Untuk menjaga rambut agar tumbuh lebih cepat dan indah harus rajin dalam melakukan perawatan rambut secara mandiri.

Tips Rambut Cepat Panjang

Berikut ini beberapa tips cara memanjangkan rambut kepala dengan cepat yang dapat dilakukan setiap harinya :

  1. Dalam menyisir rambut hendaknya dilakukan secara hati-hati, tidak terburu-buru dan kasar.
  2. Hindari menggunakan shampo rambut setiap hari, karena bahan kimia sampo akan mempengaruhi kesehatan rambut. Selain itu dengan mencuci rambut setiap hari akan mengurangi minyak esensial alami yang merangsang pertumbuhan rambut.
  3. Pangkas rambut secara rutin, sehingga mengurangi rambut tampak kusut atau rambut bercabang.
  4. Saat sedang mencuci rambut, pijatlah kulit kepala anda. Perawatan memijat kepala rambut akan memanjangkan rambut dengan cepat, karena efek pijat kulit kepala rambut yaitu dapat meningkatkan sirkulasi darah dan menumbuhkan nutrisi penting untuk folikel rambut.
  5. Konsumsi makanan sehat. Makanan yang banyak mengandung vitamin, protein, dan mineral dapat membantu menjaga kesehatan rambut. Karena rambut terdiri dari keratin yang merupakan protein yang tersusun dari asam amino. Oleh karena itu, untuk mendapatkan asam amino dalam tubuh seseorang harus makan makanan yang tinggi akan protein.

Cara Cepat Memanjangkan Rambut Secara Alami

Cara cepat memanjangkan rambut dengan bahan-bahan tradisional antara lain :

a. Santan Kelapa

Cara mempercepat pertumbuhan rambut dapat dilakukan dengan menggunakan buah kelapa. Pertama-tama parut kelapa lalu ambil air perasannya. Oleskan air perasan kelapa ini rambut sampai merata hingga sampai ujung rambut maupun kulit kepala. Tutup dengan handuk yang telah dihangatkan kemudian diamkan selama 20 menit. Setelah itu bilas rambut dengan menggunakan air dingin hingga bersih. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal lakukan terapi santan ini 4 kali seminggu selama 1 bulan.

b. Teh hijau

Manfaat teh hijau yaitu salah satunya untuk merangsang pertumbuhan rambut secara cepat. Kandungan zat antioksidan pada teh hijau sangat baik untuk mempercepat sirkulasi darah di rambut.

Cara cepat memanjangkan rambut dengan teh hijau yaitu balurkan teh hijau ke rambut dan kulit kepala. Tutup dengan handuk hangat. Tunggu sampai 20 menit rambut, kemudian bilas rambut hingga bersih dengan air dingin.

c. Biji kemiri

Biji kemiri sudah terkenal dari sejak zaman dahulu sebagai bahan alami untuk memanjangkan rambut kepala dengan cepat. Cara memanjangkan rambut dengan biji kemiri yaitu giling biji kemiri hingga hancur, lalu oles ke kulit kepala pada saat malam hari sebelum tidur. Keesokan harinya cuci rambut dengan shampoh lalu bilas hingga rambut bersih.

Demikian cara cepat memanjangkan rambut secara alami. Baca juga informasi uraian sehat tentang cara melebatkan rambut bayi secara alami.