Cara Cepat Hamil Setelah Haid

Setiap pasangan suami istri pasti mengharapkan cepat punya keturunan. Salah satu usahanya yaitu dengan berhubungan setelah haid. Tapi tunggu dulu, agar sukses terapkan cara cepat hamil setelah haid sebagaimana dijelaskan di bawah ini.

Tentu saja kita tahu bahwa kehamilan perlu didahului oleh proses pembuahan yaitu bertemuanya sel telur dan sperma. Ada tanda-tanda yang dapat diketahui dari tubuh wanita sebagai masa subur sebelum haid. Anda dapat memanfaatkan masa

Siklus Haid, Inilah Yang Wajib Anda Ketahui

Cara cepat hamil setelah haid dapat diterapkan jika anda tahu siklus haid istri anda. Siklus haid adalah periode jumah hari sejak hari pertama haid sampai dengan hari pertama haid berikutnya. Jika anda tahu masa haid maka anda dapat menghitung masa subur yaitu ketika wanita mengalami ovulasi atau pelepasan sel telur dari ovarium.

Cara Cepat Hamil Setelah Haid

Credit to Instagram Ririn

Wanita dengan siklus haid 28 hari mempunyai masa subur sebanyak 6 hari yaitu 5 hari sebelum ovulasi dan 1 hari saat ovulasi. Pada masa subur inilah kemungkinan hamil menjadi tinggi. Tetapi yang perlu anda tahu, siklus haid bisa tidak sama tiap bulan. Oleh sebab itu, anda harus rutin mencatat siklus haid selama minimal 8 bulan. Catatlah hari pertama haid sebagai hari pertama. Dari catatan inilah, anda bisa tahu siklus haid paling pendek dan paling panjang. Dengan demikian anda dapat perkirakan masa subur dengan lebih baik.

Cara Menghitung Masa Subur

Setelah anda rutin mencatat kapan masa haid selama 8 bulan terakhir maka inilah rumus menghitung masa subur sehingga anda lebih mudah hamil.

  • Hari pertama masa subur adalah siklus terpendek dikurangi 18 hari. Contohnya, jika siklus terpendeknya 28 hari maka hari pertama masa subur yaitu 28-18=10 artinya hari pertama masa subur adalah hari ke-10.
  • Hari terakhir masa subur adalah siklus terpanjang dikurangi 11 hari. Contohnya, jika siklus terpanjangnya 30 hari maka hari terakhir masa subur yaitu 30-11=19 artinya hari terakhir masa subur adalah hari ke-19.

Jika anda memiliki siklus terpendek dan terpanjang tersebut maka masa subur anda antara hari ke-10 hingga hari ke-19.

Lendir Servis Menjadi Ciri-ciri Masa Subur Yang Dapat Diamati.

Bagaimana kondisi cairan atau lendir serviks setelah haid juga bisa menjadi ciri-ciri masa subur. Lendir serviks akan mengalami perubahan warna dan tekstur. Banyak atau sedikitnya cairan serviks tergantung tingkat hormon. Untuk tahu adanya lendir serviks, anda dapat memakai tisu maupun jari untuk menjangkau posisi serviks. Setelah selesai haid, kemungkinan lendir serviks sangat seidkit, lengket, atau agak keruh sehingga masa ini bukan saat yang tepat untuk ovulasi. Lalu lendir serviks akan berubah bentuk menjadi jernih, licin, mirip putih telur. Saat lendir ini semakin banyak artinya anda makin mendekati masa subur.

3 hari kemudian, lendir serviks bisa direntangkan dengan jari hingga terentang mirip benang. 1-2 hari kemudian lendir serviks akan licin dan semakin banyak, bahkan dapat menjadikan pakaian dalam menjadi basah. Saat itulah masa subur menjadi momen yang pas untuk cepat hamil setelah haid.

Jika siklus haid pendek maka lendir serviks masa subur akan dimulai tak lama setelah selesai haid. Tetapi jika siklus haid panjang, maka saat lendir serviks sedikit atau lengket akan lebih lama hingga tiba saatnya kondisi lendir yang menjadi ciri-ciri masa subur.

Selain melihat lendir serviks, lakukan juga beberapa hal berikut agar cepat hamil setelah haid:

  • Melakukan hubungan intim secara berkala dan rutin yaitu 2-3 kali per minggu dengan jeda 1-2 hari.
  • Menjaga berat badan ideal, olahraga teratur, dan konsumsi makanan sehat.
  • Konsumsi makanan yang mengandung asam folat untuk mendukung kehamilan
  • Hentikan kebiasaan buruk seperti merokok, konsumsi alkohol dan obat tanpa rekomendasi dokter.
  • Jangan memakai produk pelumas vagina sebab diduga mengurangi kesuburan.
  • Hindari aktivitas fisik yang berlebihan yang dapat memicu stres dan kelelahan.

Cara cepat hamil setelah haid tersebut di atas memerlukan kesabaran suami dan istri. Silahkan dipraktekkan dan jika ada yang ingin dikonsultasikan terkait perencanaan program kehamilan jagan ragu untuk mengunjungi dokter kandungan.