Cara Alami Mengobati Sakit Mata

Cara alami mengobati sakit mata perlu diketahui oleh karena penyakit ini sering dialami oleh setiap orang. Sakit mata merupakan penyakit yang tidak berbahaya. Penyakit mata adalah penyakit yang memiliki resiko untuk menular ke siapa saja yang berada di dekat orang yang menderita penyakit ini. Sakit mata sangatlah mengganggu aktivitas kegiatan sehari-hari dan juga membuat menurunnya kepercayaan diri akibat salah satu mata berwarna merah maupun bengkak. Apalagi jika mata mengeluarkan air dan terasa perih ini menyebabkan gangguan dalam penglihatan.

sakit-mata

Sakit Mata

Sakit mata dapat disebabkan karena adanya virus atau kuman pada mata yang menyebabkan mata menjadi infeksi. Gejala sakit mata biasanya berawal dari rasa gatal dan pedih pada mata, kemudian mata akan membengkak dan menumpuknya kotoran pada kelopak mata. Selain penyebab di atas sakit mata juga dapat disebabkan karena kurang tidur dan kurangnya asupan gizi sehingga sistem kekebalan tubuh kurang baik dan mudah tertular oleh penyakit mata.

Apabila mengalami penyakit mata sebaiknya segera diberi pengobatan agar tidak semakin parah ataupun menular ke orang lain. Adapun beberapa cara mengatasi sakit mata secara alami dengan bahan tradisional yang dapat dilakukan yaitu:

a. Daun sirih

Siapkan tiga lembar daun sirih yang sudah dicuci dengan bersih, kemudian campur daun sirih dengan air lalu rebus daun sirih, apabila sudah mendidih angkat dan biarkan air rebusan daun sirih menjadi dingin. Setelah air rebusan menjadi dingin, saring ke dalam gelas sehingga yang tersisa hanya airnya saja. Pakailah air rebusan ini untuk membersihkan mata pada area yang bengkak dan juga dapat digunakan sebagai tetes mata.

b. Bawah putih

Siapkan tiga suing bawang putih yang sudah dikupas kulitnya dan potong bagian ujung bawang, ujung yang telah dipotong di oleskan pada kelopak mata bagian bawah. Caranya seperti saat menggunakan eyeliner, lalu tunggu beberapa menit sampai terasa perih dan mengeluarkan cairan setelah mata mengeluarkan air lalu cuci mata dengan air bersih.

c. Jus kentang

Siapkan satu kentang yang sudah dicuci bersih dan dikupas. Lalu haluskan kentang secara merata dengan menggunakan blender, bungkus kentang yang sudah dihaluskan dengan menggunakan kain halus. Setelah itu tempelkan bungkusan kentang ke area mata yang sakit, biarkan selama 15 menit kemudian mata dibilas dengan menggunakan air bersih.

d. Air hangat

Kompres mata dengan menggunakan air hangat di area mata yang bengkak, ini bertujuan untuk mengurangi pembengkakan pada mata.

e. Jangan terlalu lama nonton TV

Hindari kebiasaan menonton televisi terlalu lama saat mengalami gangguan mata, karena dengan menonton televisi mata akan bekerja lebih berat dan menimbulkan mata yang sakit menjadi tambah parah akibat radiasi layar TV.

f. Istirahat

Istirahat sekedar memejamkan mata agar mata tidak bekerja secara ekstra.

Apabila cara alami mengobati sakit mata ini tidak kunjung membuat mata Anda sembuh, maka segera periks ke dokter mata untuk ditangani secara lanjut (Uraian Sehat).




Artikel ini memuat topik:
manfaat kunyit putih untuk mata ; kunyit putih untuk mata ; kunyit untuk sakit mata ; cara kunyit untuk sakit mata ; manfaat kunyit untuk mata ; Kentang masker sakit mata ; Obat tradisional apu kinang dan kuyit buat obat mata apa ; kunir temulawat sakit mata ;