Buah Untuk Penderita Tekanan Darah Tinggi

Tensi darah tinggi atau yang biasa dikenal dengan hipertensi adalah kondisi tekanan darah di arteri yang meningkat. Hipertensi merupakan penyebab utama resiko untuk terkena stroke, serangan jantung, dan penyakit lainnya. Pola makan serta gaya hidup yang tidak sehat menjadi pemicu resiko penyakit komplikasi pada penderita darah tinggi. Untuk mengurangi tensi tinggi maka anda harus mengkonsumsi buah. Melalui artikel ini penulis akan memaparkan buah untuk penderita tekanan darah tinggi.

tomat

Buah Tomat

Kebanyakan penderita hipertensi berakhir dengan stroke, namun banyak juga cara untuk mengatasi darah tinggi seperti menjaga gaya hidup dan pola makan. Banyak berolahraga dan konsumsi beberapa buah untuk menurunkan tekanan darah tinggi dapat mengurangi resiko tekanan darah tinggi, dan kurangi mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh. Makanan yang memiliki lemak jenuh biasanya terdapat pada makanan yang digoreng dan dari daging olahan.

Buah-buahan Untuk Penderita Tekanan Darah Tinggi

Adapun daftar buah untuk penderita tekanan darah tinggi yaitu :

1. Tomat

Tomat adalah buah dari golongan sayur-sayuran. Mungkin dari sebagian orang masih ada yang tidak menyukai makan tomat secara mentah. Tomat biasanya dinikmati dengan di jus ataupun digunakan untuk penyedap pada masakan agar masakan tampak segar.

Tomat memiliki kandungan yang baik untuk tubuh karena tomat kaya akan nutrisi. Tomat baik untuk menurunkan hipertensi. Tomat dikenal sebagai sumber B3 yang digunakan untuk menurunkan kolesterol. Tomat juga memiliki kandungan potasium yang dapat mengurangi resiko penyakit komplikasi karena darah tinggi.

2. Buah Berry

Ada beberapa macam jenis dari buah berry yaitu, blueberry, strawberry, blackberry, dan raspberry. Buah beri juga memiliki banyak manfaat karena buah beri memiliki kandungan potasiumnya yang tinggi. Dalam satu mangkuk buah beri mengandung 200 mg potasium. Untuk mengatasi darah tinggi diperlukan potasium sebanyak 4.700 mg setiap harinya, setara dengan 23 mangkuk buah beri yang dibutuhkan dalam sehari. Anda dapat mengolah dengan cara di jus sehingga lebih mudah untuk di konsumsi penderita tensi tinggi.

3. Jeruk

Jeruk merupakan buah yang terkenal sebagai buah yang kaya akan vitamin C. Selain itu memiliki jeruk juga banyak mengandung potasium, rendah sodium, dan serat. Karena memiliki kandungan potasium, jeruk merupakan salah satu buah yang dapat menurunkan darah tinggi. Cara mengonsumsi buah penurun tensi darah ini dapat dengan cara di jus menjadi minuman maupun di makan secara langsung.

Selain buah-buahan ternyata sayuran hijau juga dapat menurunkan darah tinggi. Salah satunya adalah brokoli, brokoli memiliki kandungan potasium yang tinggi, tapi rendah akan sodium. Cara mengonsumsinya bisa dengan menjadikan brokoli sebagai minuman jus, mungkin banyak di luar sana orang yang tidak menyukai brokoli, namun kalau demi kesehatan badan sendiri apa salahnya untuk mencoba. Semoga informasi buah untuk penderita tekanan darah tinggi di atas bisa membantu memulihkan kesehatan anda ya (Uraian Sehat).