Bolehkah Perawatan Wajah Dengan Kolagen?

Pertanyaan tentang kecantikan yang menjadi perhatian wanita saat ini adalah bolehkah perawatan wajah dengan kolagen? Saat ini produk kolagen mudah ditemui di pasaran.

Kolagen adalah sejenis protein yang ada pada kulit, tulang, tendon, dan jaringan ikat pada manusia maupun hewan. Elastisitas atau kekencangan kulit kita ditentukan oleh kolagen.

Semakin bertambah usia maka produksi kolagen tubuh kita akan berkurang. Berkurangnya produksi kolagen pada akhirnya akan menyebabkan kulit tidak seelastis atau sekencang saat masih bayi hingga remaja. Sehingga tak heran banyak wanita cemas bahwa bertambah usia membuat kecantikan kulitnya memudar.

Bolehkah Perawatan Wajah Dengan Kolagen

Credit to Bigstock

Oleh karena manfaat kolagen penting bagi kecantikan kulit, maka tak heran saat ini berbagai produk kolagen dalam bentuk konsumsi minum atau krim wajah dijual di pasaran. Namun sayangnya belum semua produk kolagen terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Bagaimana sebagai konsumen menyikapinya?

Sebagai konsumen kita perlu hati-hati dalam menggunakan produk kecantikan. Beberapa hal yang perlu mendapat perhatian:

  • Pastikan produk kolagen mendapat lisensi dari BPOM, sebab produk kolagen yang tidak bersertifikasi dari BPOM artinya belum dapat diuji kemananannya oleh BPOM sehingga tidak dapat dipastikan keamanannya.
  • Untuk produk yang sudah terdaftar di BPOM maka sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter kulit agar dapat diketahui kecocokan pemakaian produk kolagen dengan kondisi anda.

Jadi kita boleh melakukan perawatan wajah dengan kolagen yang telah terdaftar di BPOM dan sebaiknya sebelum memakainya anda berkonsultasi dengan dokter kulit. Berikut terlampir artikel mengenai makanan yang mengandung kolagen, semoga menambah wawasan pembaca.