Bolehkah Ibu Hamil Minum Es?

Apakah ada bahaya minum air dingin saat hamil? Bolehkah ibu hamil minum es? Ada banyak nasihat tentang kehamilan yang belum pasti diketahui kebenarannya. Apakah minum es saat hamil ini merupakan mitos atau tidak, dan apakah ada dampaknya. Simak pembahasan tentang boleh atau tidaknya ibu hamil minum es dibawah ini.

Sebagian ibu hamil masih percaya kalau minum air es dingin dapat mengakibatkan ukuran bayi menjadi lebih besar saat dilahirkan. Yang menjadi pertanyaan, apakah benar minum es menyebabkan ukuran bayi membesar?

Bolehkah Ibu Hamil Minum Es

Ibu hamil perlu mengkonsumsi air minum sebanyak 8-12 gelas setiap hari untuk menjaga kesehatan saat hamil. Apakah minum air hangat atau air es sebenarnya relatif tidak ada perbedaan.

Kekhawatiran bahwa minum air dingin membuat ukuran bayi menjadi besar sebetulnya tidak tepat. Hal ini karena ukuran dan berat badan bayi lebih banyak dipengaruhi oleh beberapa faktor berikut:

  • Genetik. Orang tua yang berbadan besar (gemuk atau obesitas) memiliki peluang memiliki keturunan dengan badan besar juga.
  • Wanita yang pernah melahirkan bayi berbadan besar cenderung melahirkan bayi selanjutnya dengan berat badan besar.
  • Janin dilahirkan melebihi waktu normal atau lewat dari 9 bulan 10 hari.
  • Bayi laki-laki cenderung mempunyai berat badan lebih besar daripada wanita

Sebetulnya ada manfaat minum air es saat hamil dengan syarat tidak berlebihan. Manfaatnya yaitu membantu merangsang pergerakan bayi dalam kandungan. Jika anda merasa tidak ada pergerakan janin dalam rahim seperti biasa maka dengan minum air dingin dapat merangsang janin untuk bergerak. Hal ini karena janin akan merasakan dinginnya air es sehingga ia akan cenderung bergerak untuk menghindarinya.

Resiko Minum Air Es Dingin saat Hamil

Minum air es saat hamil dapat membahayakan janin jika es batu berasal dari air yang belum dimasak atau terkontaminasi bakteri. Ibu hamil sebaiknya tidak membeli air es di luar rumah sebab kita tidak tahu dari mana sumber air untuk es batunya dan apakah airnya sudah dimasak atau belum.

Jika anda ingin minum air dingin saat hamil di luar rumah maka buatlah sendiri di rumah. Jika anda sedang di luar rumah, anda dapat membeli minuman air es dalam kemasan. Pastikan segel tidak rusak dan tidak kadaluarsa.

Jika anda khawatir air es dingin membahayakan janin, tetapi anda ingin yang segar-segar, cobalah minum air kelapa muda, jus tanpa gula, atau susu sapi. Pada saat hamil, hindari minuman bersoda karena mengandung kadar gula tinggi. Selain itu, konsumsi kopi dan teh sebaiknya dikurangi karena minuman tersebut bersifat diuretik atau menyebabkan sering buang air kecil.

Baca juga info kehamilan ini:

Jadi jawaban untuk pertanyaan “bolehkah Ibu Hamil Minums Es?” yaitu boleh, asalkan tidak berlebihan. Pastikan kualitas es batunya terjamin kebersihannya agar tidak menimbulkan resiko hamil.