Beberapa Jenis Penyakit Telinga Yang Perlu Anda Ketahui

Telinga merupakan salah satu indera sensitif yang mudah terkena penyakit. Apabila Anda memiliki penyakit telinga, maka harus segera disembuhkan dan jangan dibiarkan terlalu lama. Seperti organ tubuh lainnya, telinga merupakan salah satu organ vital untuk menunjang aktivitas kehidupan manusia sehingga melalui telinga maka kita bisa mendengar suara maupun percakapan orang. Mengingat arti pentingnya kesehatan telinga, maka ada beberapa jenis penyakit telinga yang perlu Anda ketahui.

Jenis Penyakit Telinga

indera-telinga-manusia

Indera Telinga Manusia (©Wikipedia)

Penyakit Cholesteatoma

Penyakit telinga yang pertama adalah Cholesteatoma. Ini merupakan penyakit pada telinga tengah yang terjadi karena terdapat penumpukan cellular debris, di mana ini adalah puing selular yang menyebabkan infeksi kronis pada telinga Anda. Cholesteatoma ini dapat menyebabkan kerusakan di struktur dalam dari telinga daerah tengah Anda.

Penyakit Cellulitis

Penyakit telinga yang kedua adalah Cellulitis. Ini merupakan penyakit telinga yang ada pada daerah external atau luar dari telinga. Infeksi Cellulitis ini bisa terjadi berulang kali, khususnya jika perawatan yang diberikannya salah, penyakit ini mudah menginfeksi kembali. Jadi perawatan yang tepat dan efektif sangat benar-benar diperlukan.

Penyakit Labirintitis

Penyakit telinga yang ketiga adalah Labirintitis. Untuk penyakit telinga ketiga ini, menyerang ke bagian dalam telinga manusia. Faktor penyebab dari Labirintitis yakni gegar otak, alergi, dan juga infeksi. Gejala yang akan dirasakan apabila seseorang menderita penyakit Labirintitis yakni mual, telinga berdengung, mau muntah, vertigo, serta kemampuan pendengaran yang semakin berkurang dari waktu ke waktu.

Penyakit radang telinga atau Otititas media

Penyakit telinga yang keempat adalah Otititas media, dikenal juga dengan sebutan radang telinga. Seperti penyakit radang pada umumnya, radang Otititas media ini juga diakibatkan karena infeksi virus dan bakteri, virus dan bakteri tersebut akan mengakibatkan penyakit di telinga seseorang. Penyakit Otititas media ini seringkali menyerang anak-anak.

Gejala dari penyakit Otititas media cukup mudah dikenali, adapun beberapa contoh gejala tersebut yaitu telinga mengeluarkan nanah (Beberapa kasus saja), demam panas, kemampuan pendengaran menurun, ada rasa sakit di beberapa bagian telinga Anda. Penyakit ini tak boleh dibiarkan, karena tak bisa sembuh sendiri, jika bertambah parah bisa mengakibatkan gendang telinga pecah, di mana itu artinya ketulian permanen. Oleh karena itu, jangan remehkan dan waspadalah terhadap jenis penyakit Otititas media ini.

Penyakit Meniere

Penyakit telinga yang kelima adalah penyakit Meniere. Meniere merupakan penyakit yang disebabkan karena terdapat peningkatan pada jumlah cairan di bagian dalam labirin telinga seseorang. Umumnya penyakit Meniere menginfeksi orang berumur setengah baya. Metode untuk mengobati penyakit ini yakni segera berkonsultasi ke dokter THT sehingga dokter akan memberikan obat yang tepat. Sebab Anda tak bisa menyembuhkan penyakit Meniere sendiri, sebab alih-alih sembuh yang terjadi justru bisa mengakibatkan gangguan atau penyakit telinga yang lainnya.

Penyakit Perikondritis

Penyakit telinga terakhir adalah Perikondritis. Perikondritis ini merupakan penyakit karena infeksi pada kartilago eksternal telinga (Tulang rawan). Bisa terjadi karena cedera, gigitan serangga, dan pemecahan bisul di daerah telinga Anda.

Selain yang disebutkan di atas, masih ada jenis penyakit telinga lainnya. Namun penulis cukupkan sampai disini. Demikian artikel Uraian Sehat kali tentang beberapa jenis penyakit telinga yang perlu anda ketahui. Semoga telinga Anda sehat selalu.




Artikel ini memuat topik:
cholesteatoma adalah ; Apakah makaud cholesteatoma ; Cholesteatoma penyakit telinga ; lima jenis penyakit telinga dan artinya ; nama penyakit telinga sensitif ; penyakit kolesteatoma wikipedia ;

Tags: