Bahaya Merokok Bagi Kesehatan Tubuh

Kesadaran tentang bahaya merokok bagi kesehatan tubuh sudah diimplementasi oleh pemerintah dengan menerbitkan aturan lokasi no smoking area. Area bebas rokok mudah kita jumpai di kantor pemerintah, rumah sakit, puskesmas, sekolah, dan lain-lain. Hal ini tidak mengherankan sebab dampak negatif akibat merokok untuk kesehatan memang banyak sekali.

Salah satu bahaya rokok yang utama bagi kesehatan tubuh adalah menderita penyakit jantung. Kenapa rokok sangat berbahaya? Bagian tubuh mana saja yang akan terkena dampak akibat merokok?

Kita lihat saja kandungan yang ada pada satu batang rokok. Ada lebih dari 4000 bahan kimia yang ada didalam satu batang rokok. Diantaranya terdapat banyak zat beracun dan bahan-bahan toksin yang bersifat kanker, antara lain:

Bahaya Merokok Bagi Kesehatan Tubuh

Kandungan Rokok Yang Berbahaya

1. Nikotin (C10H14N2)

Nikotin dapat mengurangi kadar oksigen yang masuk ke darah anda. Nikotin bersifat candu sehingga membuat orang menjadi ketagihan. Efek samping nikotin yaitu mempercepat denyut jantung, tekanan darah tinggi, merusak pembuluh darah di jantung, mempercepat pembekuan darah yang dapat menyebabkan serangan jantung (Myocardial infarction).

2. Karbon monoksida (CO)

Zat yang biasanya ada pada asap kendaraan ini dapat mengikat diri pada hemoglobih dalam darah sehingga pasokan oksigen ke tubuh menjadi terhalang. Inilah yang membuat anda merasa cepat lelah.

3. Residu tembakau (Tobacco Residue/Tar)

Pada saat perokok aktif menghisap rokok maka kandungan tar yang terdapat dalam rokok akan terhisap ke tubuhnya. Zat ini akan mengendap di paru-paru dan menyebabkan efek negatif pada kinerja rambut kecil yang melapisi paru-paru. Padahal fungsi rambut paru-paru adalah membersihkan dan menangkal kuman dari paru-paru.

4. Gas Oksidan (O3)

Keberadaan gas oksidan di tubuh dapat meningkatkan resiko penyakit stroke dan serangan jantung karena penggumpalan darah.

5. Benzene (C6H6)

Zat yang ditambahkan ke BBM ini dapat merusak sel secara genetis. Benzene juga dihubungkan dengan banyak jenis kanker seperi kanker ginjal dan kanker darah (leukimia).

Selain bahan tersebut, bahan beracun lainnya yaitu arsen/arsenic (ditemukan dalam pestisida), toloune (digunakan pada pengencer cat), formalin/formaldehyde (bahan pengawet mayat), hidrogen sianida/hydrogen cyanide (untuk membuat senjata kimia), dan cadmium (bahan baterai).

Perokok aktif berpotensi 2-4x menderita penyakit jantung daripada orang yang tidak merokok. Selain itu, resikonya akan lebih tinggi lagi bagi perokok wanita yang sedang mengkonsumsi pil KB.

Organ Yang Terkena Dampak Akibat Merokok

1. Otak

Besarnya resiko terkena penyakit stroke akibat merokok adalah 50 persen. Selain itu stroke, penyakit otak lainnya adalah aneurisma otak. Aneurisma otak adalah terjadinya pembengkakan pembuluh darah karena lemahnya dinding pembuluh darah yang mana sewaktu-waktu dapat pecah dan menyebabkan pendarahan di otak.

2. Mulut dan Tenggorokan

Dampak negatif merokok bagi kesehatan mulut dan tenggorokan yaitu bau mulut, noda gigi, penyakit gusi, kerusakan lidah, kanker lidah, kanker tenggorokan, dan kanker laring (pita suara).

3. Paru-paru

Bahaya merokok bagi kesehatan paru-paru yaitu dapat menimbulkan beberapa penyakit, misalnya kanker paru-paru, bronkitis, pneumonia, dan emfisema.

4. Lambung

Efek merokok dapat melemahkan otot yang mengendalikan bagian bawah tenggorokan. Hal ini dapat membuat asam dari lambung bergerak ke arah yang keliru, yakni ke tenggorokan. Kondisi tersebut disebut penyakit asam lambung. Selain itu, resiko penyakit lain yang menyerang lambung adalah ulkus/tukak dan kanker lambung.

5. Tulang

Racun pada rokok tidak baik bagi kesehatan tulang karena dapat menghentikan kerja sel-sel kontruksi. Akibatnya perokok rentan mengalami osteoporosis hingga patah tulang. Selain itu, rokok juga mengganggu keseimbangan hormon estrogen yang berfungsi menjaga tulang tetap kuat dan sehat.

6. Kulit

Coba perhatikan teman anda yang merokok. Pada umumnya perokok akan tampak lebih tua daripada yang tidak merokok. Hal ini disebabkan kurangnya pasokan oksigen di kulit. Gejala penuaan dini bagi perokok akan dirasakan seperti kerutan di sekitar mata dan mulut. Selain itu, selulit di kulit juga dapat muncul akibat racun rokok yang masuk ke tubuh anda.

7.Organ Intim

Merokok dapat mengganggu sistem reproduksi dan kesuburan pria maupun wanita. Dampak merokok bagi pria yaitu impotensi, sperma berkurang, kanker testis. Sedangkan bagi wanita yaitu mempengaruhi kesuburan dan kanker serviks.

Selain penyakit tersebut diatas, perokok juga rentan mengalami stres daripada orang yang tidak merokok. Ada anggapan di kalangan perokok bahwa merokok dapat membuat pikiran menjadi tenang dan rileks. Anggapan tersebut adalah salah besar. Yang benar adalah yang membuat perokok merasa gelisah dan tak nyaman karena sejenak berhenti dari nikotin. Dengan menghisap nikotin maka rasa kecanduan anda akan terpenuhi dan perokok merasa seolah-olah bahwa rokok benar-benar bermanfaat untuk menurunkan stres, padahal bukan itu sebetulnya.

Memang benar tidak semua perokok akan mati karena penyakit atau serangan jantung, kanker paru, maupun stroke. Namun kebiasaan merokok akan mengurangi kualitas hidup anda di masa kini maupun saat anda berusia lanjut. Efek saat ini pun dapat dirasakan berupa sering batuk, sesak nafas, mudah lemas, rentan terhadap infeksi, dan gangguan tidur (insomnia).

Selain itu aktivitas merokok sama halnya ibarat menabung racun di tubuh anda sendiri. Akumulasi racun yang berakibat fatal terhadap kemungkinan penyakit baik di masa muda atau masa tua. Jika anda menyadari dan merenungi tentang bahaya merokok bagi kesehatan tubuh, maka anda pun akan bersemangat untuk segera berhenti merokok. Dengan berhenti merokok anda peduli pada kesehatan tubuh anda sendiri maupun orang-orang disekitar anda.




Artikel ini memuat topik:
bahaya merokok bagi kesehatan ; bahaya rokok bagi kesehatan ; bahaya rokok buat tubuh ; dampak merokok ; dampak merokok bagi tubuh ; rokok dan dampaknya bagi kesehatan ; bahaya merokok bagi kesehatan tubuh ; bahaya merokok terhadap kesehatan ;