Bahaya Gigi Berlubang Jika Dibiarkan

Bahaya gigi berlubang jika dibiarkan berdampak negatif bagi kesehatan tubuh. Gigi berlubang yang dibiarkan terlalu lama dapat menyebabkan berbagai komplikasi kesehatan yang mungkin tidak dapat anda bayangkan sebelumnya. Kondisi ini terjadi jika gigi berlubang yang tidak segera ditambal dan dibiarkan terlalu lama hingga membesar dan semakin parah.

Belum banyak orang tahu Bahaya gigi berlubang jika dibiarkan. Rasa sakit gigi karena gigi berlubang biasanya perih sekali. Meskipun rasanya sakit, tapi sebagian orang takut ke dokter karena khawatir giginya akan dicabut. Padahal tidak semua kasus gigi berlubang harus dicabut oleh dokter gigi. Dokter gigi akan memeriksa terlebih dahulu kondisi gigi anda apakah masih memungkinkan untuk ditambal atau tidak.

Gigi berlubang kecil dan dangkal biasanya dapat ditambal. Tapi jika lubangnya sudah menembus pulva (saraf) maka gigi tidak dapat dipertahankan lagi dan harus dicabut. Apakah anda akan mengabaikan saran dokter dan tidak melihat dampak jangka panjang pada tubuh anda? Artikel kesehatan gigi dan mulut kali ini akan membahas apa bahaya gigi berlubang bagi kesehatan.

bahaya-gigi-berlubang

Bahaya Gigi Berlubang

Berikut ini merupakan bahaya gigi berlubang bagi kesehatan tubuh antara lain :

a. Gigi Berlubang Mengakibatkan Sakit Jantung

a. Gigi berlubang tidak bisa dianggap sepele. Jika gigi berlubang besar parah tidak segera ditangani dengan tuntas, maka kuman dari gigi berlubang akan merambat ke organ tubuh lainnya, salah satunya pada jantung. Biasanya kalau ke jantung yang kena adalah klep jantung. Awalnya hanya terdapat lubang kecil tapi dalam jangka panjang dapat mengakibatkan klep jantung bocor. Hal ini disebut endocartitis atau peradangan jantung bagian dalam. Jika sudah pada level sakit jantung parah maka diperlukan transplantasi jantung.

b. Gigi Berlubang Mengakibatkan Sakit Ginjal

Focus of infection merupakan suatu infeksi kronis yang terjadi di suatu lokasi tubuh dalam jangka waktu yang lama menyebabkan penyakit di lokasi tubuh yang lain. Ini terjadi karena di lokasi kronis tersebut terdapat racun (toksin) dan kuman. Dari yang awalnya berfokus di lokasi tersebut dapat merembet dan menyebarkan penyakit ke lokasi tubuh lain seperti ginjal, mata, jantung, dan lain-lain.

c. Gigi Berlubang Mengakibatkan Nyeri Mata

Secara umum, komplikasi kesehatan yang banyak terjadi akibat gigi berlubang adalah pada mata. Mata menjadi cepat lelah dan pada bagian atas mata terasa nyeri. Nyeri mata yang disebabkan oleh infeksi pada gigi karena mata dan gigi memiliki saraf induk yang sama.

d. Gigi Berlubang Memperparah Diabetes

Infeksi gigi disebabkan oleh kuman yang akan terbawa dalam pembuluh darah sehingga penyebaran menjadi sangat mudah. Pada saat kuman terbawa dalam pembuluh darah maka akan mengikuti aliran pembuluh darah dan sampai pada jantung, ginjal, paru-paru, dan memperparah kondisi gula darah penderita diabetes melitus.

e. Gigi Berlubang Menyebabkan Temporomandibular Joint

Gigi berlubang yang tidak segera diatasi dapat menyebakan gangguan Temporomandibular Joint (TMJ). Temporomandibular joint adalah gangguan yang mengakibatkan migrain berat, otot tegang, dan pinggang pegal-pegal.

Gangguan Temporomandibular Joint (TMJ) disebabkan longgarnya sendi pada rahang mulut karena saat mengunyah makanan hanya menggunakan satu sisi saja (kanan atau kiri).

f. Gigi Berlubang Menyebabkan Kanker Mulut

Kuman akan senang menghuni bagian gigi yang berlubang. Jika kondisi lubang gigi terlalu parah maka dapat menginfeksi gusi. Jika gusi sudah terinfeksi akan terjadi perang antara kuman melawan sel darah putih yang mencoba menutup luka. Gusi yang parah akan menyebabkan bengkak bahkan kanker mulut jika tidak segera dirawat.

Baca juga :

Wah, ternyata banyak sekali komplikasi kesehatan akibat Gigi berlubang yang tidak segera ditangani secara medis. Bahaya gigi berlubang terjadi jika dibiarkan terlalu lama tanpa perawatan. Oleh sebab itu rawatlah kesehatan gigi dan segera periksa kondisi gigi berlubang pada dokter gigi.




Artikel ini memuat topik:
bahaya gigi berlubang ; sakit gigi berlubang parah ; gigi berlubang parah ; akibat gigi berlubang ; akibat gigi berlubang tidak dicabut ; bahaya gigi bolong ; geisha operasi gigi ; efek gigi berlubang ;