Badan Terasa Sakit Semua Disertai Demam

Beberapa kemungkinan yang menyebabkan gejala badan terasa sakit semua disertai demam. Pernahkah anda merasakan keluhan sekujur badan terasa sakit serta panas demam? Beberapa kemungkinan yang menyebabkan hal tersebut dapat diketahui setelah anda membaca penjelasan di bawah ini.

Keluhan badan terasa sakit semua disertai panas demam terjadi karena kemungkinan besar tubuh anda terserang oleh bakteri atau virus. Infeksi yang terjadi akibat bakteri dan terutama virus akan menyebabkan beberapa gejala, yaitu sebagai berikut:

  • Demam. Demam akibat virus biasanya melibatkan lebih dari satu organ tubuh. Berbeda dengan bakteri yang hanya melibatkan satu organ tubuh saja.
  • Nyeri otot dan sendi yang membuat badan anda terasa sakit semua.
  • Pusing atau sakit kepala.
  • Mual.
Badan Terasa Sakit Semua Disertai Demam

Credit to Bintang

Beberapa virus mempunyai ciri khas, seperti sakit kepala hebat terutama pada bagian belakang mata akibat demam berdarah dengue (DBD). Selain itu, jika kondisi semakin parah akan muncul pendarahan seperti mimisan di hidung, gusi berdarah di mulut, feses warna hitam, dan lain-lain.

Demikian halnya dengan bakteri yang memiliki beberapa gejala yang khusus, seperti:

  • Tifoid, gejala demam terutama pada saat malam, lidah berwana putih, mual, muntah, dan perubahan pola buang air besar (BAB).
  • Infeksi pada saluran pencernaan juga bisa menyebabkan rasa mual, sebab ada banyak faktor kemungkinan lain.

Untuk itu, kami sarankan jika anda merasa sekujur anggota badan terasa sakit semua disertai demam, jangan tunda untuk segera berkungjung ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan sehingga anda mendapatkan pengobatan yang tepat. Jika dipandang perlu oleh dokter, mungkin anda akan diminta untuk menjalani tes laboratorium, seperti cek darah.

Pada saat badan terasa sakit semua serta demam, inilah beberapa tips yang bisa anda lakukan di rumah yaitu:

  1. Ambil waktu istirahat dari tugas kantor, sekolah, maupun kuliah.
  2. Cukupi jam tidur.
  3. Jagalah pola makan dan perhatikan asupan nutrisi seperti protein, vitamin, dan mineral
  4. Cukupi cairan dengan minum air minimal sebanyak 8 gelas sehari.
  5. Konsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin C untuk meningkatkan kekebalan daya tahan tubuh atau imunitas.

Demikian beberapa tips jika badan terasa sakit semua disertai demam. Semoga lekas sembuh dari sakit badan dan semoga turun panas demamnya.




Artikel ini memuat topik:
badan terasa sakit semua dan panas ; badan sakit semua ; badan terasa sakit semua ; demam badan sakit semua ; badan nyeri dan demam ; badan sakit ; demam dan seluruh badan nyeri ; badan panas dan sakit semua ;