Apakah Harus Menjalani Operasi Saraf Kejepit?

Saraf kejepit atau syaraf terjepit mengakibatkan rasa nyeri, kesemutan, dan kaku. Salah satu opsi penyembuhan saraf kejepit melalui operasi. Tetapi apakah harus menjalani operasi saraf kejepit?

Saraf kejepit terjadi ketika struktur tulang mengalami gangguan akibat cedera atau faktor degeneratif. Penyebab saraf kejepit biasanya akibat tekanan berlebih pada sistem saraf pusat yang jika dibiarkan dapat mengakibatkan dampak lanjutan berupa kelumpuhan.

Apakah Harus Menjalani Operasi Saraf Kejepit

Gejala atau ciri-ciri awal jika anda mengalami saraf kejepit adalah munculnya rasa nyeri pinggang kronis yang tidak sembuh lebih dari 14 hari. Selain itu rasa nyeri juga bisa menjalar hingga kaki.

Jika anda mengalami ciri-ciri tersebut maka kami sarankan agar anda pergi ke rumah sakit untuk mendapatkan pengobatan medis. Di rumah sakit, dokter akan akan mendiagnosis untuk memastikan pada area titik saraf yang mana yang kejepit dan level keparahannya.

Pada kasus saraf kejepit level ringan yang mana tekanan belum terlalu besar, maka pasien tidak perlu menjalani operasi, cukup pengobatan dengan minum obat saraf kejepit sesuai resep dokter.

Tetapi jika pemicu saraf kejepit karena herniated nucleus pulposos (HNP) maka perlu dipastikan levelnya. Jika masih level satu atau dua masih dapat diobati dengan suntik, radio, atau laser. Tetapi jika sudah level tiga atau level empat maka tindakan operasi menjadi sebuah pilihan untuk menyembuhkan saraf kejepit.

Ketika struktur tulang belum banyak terganggu dan saraf kejepit terjadi karena ada pembengkakan ringan maka suntikan steroid dapat diberikan untuk mengurangi tekanan pada saraf.

Jika nyeri tidak segera sembuh maka ada alternatif solusi lain berupa terapi dengan alat radio dan laser. Radio bekerja dengan merusak saraf sehingga menumpulkan nyeri, sedangkan laser bekerja dengan membetulkan struktur tulang yang rusak.

Ada kemungkinan masalah saraf terjepit yang sebelumnya telah dinyatakan sembuh dapat kambuh kembali. Hal ini karena ada banyak ruas tulang di punggung yang bisa menekan saraf dan seiring berjalannya usia mengalami degenerasi sehingga meningkatkan risiko mengalami saraf terjepit. Meskipun dapat terjadi kambuh kembali karena faktor penuaan, setidaknya dengan pengobatan medis dapat menjaga kualitas hidup seseorang.

Demikian semoga penjelasan tersebut di atas dapat menjawab pertanyaan apakah harus menjalani operasi saraf kejepit. Baca juga berbagai artikel kesehatan terbaik.