Antibiotik Radang Tenggorokan

Antibiotik radang tenggorokan tidak selamanya harus digunakan untuk mengoba Faringitis. Antibiotik biasaya digunakan untuk mengobati radang tenggorokan ketika infeksi bakteri atau virus terjadi.

Cara mengetahui apakah radang tenggorokan karena sebab infeksi atau bukan maka perlu hasil diagnosis dokter. Melalui dokter maka akan dibuatkan resep obat antibiotik radang tenggorokan yang tepat bagi anda. Kita sebaiknya tidak membeli antibiotik sembarangan tanpa resep dokter.

Antibiotik Radang Tenggorokan

Ada banyak antibiotik di apotek terdekat dikota anda, namun tidak semua dapat dipakai untuk mengobati radang tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri streptococcus. Ada tiga jenis antibiotik ampuh yang sering digunakan dalam mengatasi radang tenggorokan.

amoxicilin

1). Antibiotik Betalaktam

Salah satu antibiotik yang umum digunakan untuk mengatasi radang tenggorokan adalah penisilin, ampisilin, dan amoksicilin. Penggunaan obat ini menunjukkan kemampuannya dalam menghilangkan bakteri streptococcus grup A selama 2 minggu. Namun dari beberapa penelitian terkini menunjukkan bakteri mulai resisten terhadap antibiotik betalaktam ini. Akibat bakteri yang resisten, maka diperlukan antibiotik lain yang sesuai.

2). Antibiotik Cefolosporin

Beberapa studi menghasilkan temuan bahwa penggunaan antibiotik cefolosporin lebih efektif daripada betalaktam. Antibiotik jenis cefolosporin yang umum digunakan untuk radang tenggorokan adalah cephalexin dan cefadroxil.

Dalam beberapa kasus radang tenggorokan dapat diati oleh salah satu antibiotik cefolosporin tersebut. Namun, jika tidak ada hasil positif maka beralih pada jenis antibiotik yang lain.

Sebagian penderita radang tenggorokan diketahui memiliki alergi antibiotik betalaktam dan cefolosporin, sehingga perlu obat alternatf selain obat tersebut.

3) Antibiotik Makrolida (macrolide)

Antibiotik alternatif ketiga yaitu dari jenis macrolide, seperti obat eritromisin, klaritomisin, dan azithromycin. Kelebihan antibiotik makrolida adalah cukup diminum 4-5 hari, tidak perlu 2 minggu seperti antibiotik lainnya. Namun kelemahan antibiotik makrolida yaitu memiiki efek samping pada lambung.

Kesimpulan dari penjelasan diatas, resep antibiotik harus mendapatkan rekomendasi dari dokter. Nanti dokter yang akan menentukan obat antibiotik tenggorokan terbaik untuk anda. Jangan lupa anda ceritakan kepada dokter tentang apakah anda mengalami alergi pada obat tertentu. Semoga info kesehatan ini bermanfaat bagi pembaca.