Aneka obat herbal untuk Menyembuhkan Alergi

Obat herbal untuk alergi – Tubuh manusia bisa bereaksi berlebihan terhadap bahan-bahan atau bisa juga lingkungan sekitar dimana kondisi tersebut oleh tubuh akan dianggap sebagai sesuatu yang asing dan berbahaya. Alergi bisa juga disebut sebagai hipersensitif tipe 1, yakni kekebalan tubuh yang berubah jadi hipersensitif, dan akan bereaksi dengan imunologi pada bahan yang biasanya imunogenetik.

alergi-kulit

Alergi Kulit

Reaksi tubuh Terhadap Alergi

Pada beberapa orang yang mengalami alergi, tubuh akan bereaksi secara berlebihan terhadap allergen atau substansi tertentu, tergantung orang tersebut alergi karena apa. Reaksi dari tubuh seseorang terhadap alergi bisa beraneka ragam, contohnya hidung menjadi berair, bersin, diare, muntah, dan yang paling sering terjadi rasa gatal pada kulit. Jika Anda atau anak Anda mengalami alergi, dapat diantisipasi melalui perbaikan gaya hidup dibawah ini :

Kebersihan diri

Gaya hidup yang pertama adalah Anda harus menjaga kebersihan diri. Yang satu ini benar-benar harus mendapatkan perhatian. Ini bertujuan untuk menghindari daki yang menumpuk, di mana daki yang menumpuk ini bisa menjadi sumber rangsangan dari reaksi tubuh pada alergi. Jadi sesuatu yang memiliki resiko alergi memang sebaiknya Anda hindari.

Pewangi atau Parfum

Gaya hidup yang kedua adalah Anda sebaiknya menghindari kebiasaan menggunakan pewangi, contohnya parfum dan pewangi ruangan terutama yang memiliki bau menyengat, sebab beberapa orang bisa mempunyai kecenderungan alergi bau-bauan menyengat yang dihasilkan parfum atau pewangi ruangan tersebut.

Kebersihan lingkungan

Yang ketiga yaitu terkait dengan kebersihan lingkungan. Sebelumnya sudah dibahas bahwa Anda harus menjaga kebersihan diri sendiri dengan rajin membersihkan tubuh. Namun Anda juga harus menjaga kebersihan lingkungan. Khususnya tempat tinggal Anda. Jika Anda tak menjaga kebersihan, maka akan banyak debu menumpuk di sekitar. Debu merupakan sumber alergi yang yang paling sering ditemukan sebagai pemicu alergi pada kebanyakan orang.

Binatang

Yang keempat mengenai binatang peliharaan. Binatang memiliki bulu, dan bulu mereka gampang terjatuh atau rontok. Nah, bulu binatang ini biasanya menjadi allergen atau sumber alergi. Jika memang memelihara binatang, sebaiknya letakkan kandang binatang peliharaan Anda di luar rumah, jangan di dalam rumah.

Obat Herbal Alami untuk menyembuhkan alergi

Anda bisa menggunakan “Jahe”. Jahe adalah obat alami alergi, di mana jahe sama efektifnya dengan herbal madu. Jahe merupakan sumber dekongestan dan antihistamin alami. Anda bisa menggunakan setengah iris jahe dengan madu, kemudian dicampur dalam minuman teh hangat.

Obat herbal alergi yang berikutnya adalah bawang putih. Meskipun baunya sangat tidak disukai oleh orang, namun berdasarkan hasil penelitian bawang putih memiliki kandungan yang bersifat antivirus, sehingga bawang putih bisa dijadikan sebagai obat herbal yang mujarab dalam menghilangkan gangguan alergi pada seseorang. Untuk Anda ketahui bahwa lebih baik makan bawang putih yang masih mentah dibandingkan dengan bawang putih yang sudah dimasak. Anda bisa coba konsumsi sekitar 3 hingga 4 siung bawang putih, bisa dicampur dengan madu juga supaya rasanya lebih enak.

Kesemua obat herbal alami ini bisa digunakan untuk membantu tubuh dalam memerangi alergi. Jika Anda baru saja melahirkan seorang anak, sebaiknya tips-tips di atas harus lebih Anda perhatikan lagi. Sebab terkadang bayi juga memiliki alergi, dan karena umur mereka yang masih kecil, akan sangat berbahaya apabila mereka terjangkit alergi. Bayi Anda juga akan sering menangis yang tentunya pasti akan menambah kerepotan Anda. Sekian informasi tentang aneka obat herbal untuk menyembuhkan alergi, mudah-mudahan apa yang disajikan oleh UraianSehat.com dapat memberikan manfaat bagi pembaca.




Artikel ini memuat topik:
alergi bau bauan ; Obat untuk mengatasi alergi debu dan bau bauan ;

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *